Laporkan Masalah

Analisis Keunggulan Bersaing Aplikasi Smart City Lintasarta Menggunakan Analisis Sumber Daya Internal

Dyenti Dondo'Loan Pattola, Prof., Ir., Adi Djoko Guritno, M.S.I.E., Ph.D.

2023 | Tesis | S2 MANAJEMEN (MM) JAKARTA

Salah satu produk berbasis digital yang paling banyak digunakan saat ini adalah layanan dan aplikasi Smart City yang diperuntukkan mengatasi masalah dari tingkat urbanisasi yang tinggi. Lintasarta sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa telekomunikasi juga telah melakukan berbagai kerjasama untuk menghasilkan produk aplikasi Smart City dengan Pemerintah Indonesia. Persaingan yang meningkat antar vendor aplikasi smart city di Indonesia mengharuskan Lintasarta untuk meningkatkan keunggulan bersaingnya. Tujuan penelitian ini adalah (1) Menganalisis keunggulan kompetitif vendor layanan digital Smart City Lintasarta berdasarkan identifikasi aktivitas dan sumberdaya yang dimilikinya (2) Memberikan rekomendasi strategi kepada vendor layanan digital Smart City Lintasarta untuk meningkatkan keunggulan kompetitifnya berdasarkan identifikasi aktivitas dan sumberdaya yang dimilikinya.

Dalam penelitian ini akan menggunakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah pihak manajemen Lintasarta yang bertanggung jawab pada pengembangan, pemasaran dan pengelolaan Product smart city Lintasarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Teknik Interview / Wawancara serta penyebaran kuesioner/angket. analisis data berdasarkan sumber daya lingkungan internal menggunakan tampilan berbasis sumber daya. Untuk mengidentifikasi sumber daya dan kapabilitas sebagai keunggulan kompetitif, penelitia dapat menggunakan analisis rantai nilai yang dikombinasikan dengan kerangka kerja VRIO (Value Rarity, Imitability, Organization).

Hasil analisis menunjukkan bahwa analisis rantai nilai dengan kerangka kerja VRIO menunjukkan kemampuan perusahaan dalam mengelola sumber daya/kapabilitas sebagai sumber keunggulan kompetitifnya dalam hal (a) Misi dan Tujuan yang Jelas dari Unit Aplikasi Smart City (b) Aset dan modal perusahaan besar (c) Tenaga ahli perusahaan yang berkualitas dan berpengalaman (d) Kapasitas penyimpanan data yang besar (e) Kapasitas pemberian layanan perusahaan yang besar (f) Posisi sebagai pemimpin pasar (g) Mampu mengantisipasi gejolak harga bahan baku infrastruktur jaringan. Kekuatan ini dapat lebih ditingkatkan lagi untuk digunakan oleh unit bisnis Aplikasi Smartcity PT Lintasarta untuk mencapai keunggulan kompetitifnya.  Rekomendasi yang disarankan adalah penelitian lebih lanjut yang akan dilakukan oleh  perusahaan dapat dimaksimalkan dengan menggunakan kombinasi kerangka kerja VRIO serta skala Likert untuk kegiatan perencanaan strategis perusahaan. Dalam semua saran yang disebutkan, kombinasi tersebut dapat digunakan di banyak area bisnis.

 

One of the digital-based products that is most widely used today is Smart City services and applications intended to overcome the problems of high levels of urbanization. Lintasarta, a company operating in the telecommunications services sector, has also collaborated to produce Smart City application products with the Indonesian Government. Increasing competition between smart city application vendors in Indonesia requires Lintasarta to increase its competitive advantage. The objectives of this research are (1) Analyzing the competitive advantage of Smart City Lintasarta digital service vendors based on identifying the activities and resources they have, (2) Providing strategic recommendations to Smart City Lintasarta digital service vendors to increase their competitive advantage based on identifying the activities and resources they have.

This research will use qualitative research. This research's subject is Lintasarta management, which is responsible for developing, marketing and managing Lintasarta smart city products. The data collection technique used is the interview technique and distribution of questionnaires. Analyze data based on internal environmental resources using resource-based views. Researchers can use Value Chain Analysis combined with the VRIO (Value Rarity, Imitability, Organization) framework to identify resources and capabilities as competitive advantages.

The analysis results show that the value chain with the VRIO framework shows the company's ability to manage resources/capabilities as a source of competitive advantage in terms of (a) the Clear Mission and Goals of the Smart City Application Unit, (b) Assets and capital of large companies (c) Energy qualified and experienced company experts (d) Large data storage capacity (e) Large company service delivery capacity (f) Position as a market leader (g) Able to anticipate price fluctuations in network infrastructure raw materials. PT Lintasarta's Smartcity Application business unit can further enhance this strength to achieve its competitive advantage. The recommended recommendation is that further research to be carried out by the company can be maximized by combining the VRIO framework and Likert scale for company strategic planning activities. The combination can be used in many business areas in all the suggestions mentioned.

Kata Kunci : VRIO, competitive advantage, smart city

  1. S2-2023-471110-abstract.pdf  
  2. S2-2023-471110-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-471110-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-471110-title.pdf  
  5. S2-2024-471110-abstract.pdf  
  6. S2-2024-471110-bibliography.pdf  
  7. S2-2024-471110-tableofcontent.pdf  
  8. S2-2024-471110-title.pdf