Serat Sadrana Karya Raden Sumaatmaja: Kajian Naratologi Gerard Genette
Dhia Camallia Ramadhani Zain, R. Bima Slamet Raharja, S.S., M.A
2025 | Skripsi | SASTRA NUSANTARA
Serat Sadrana karya Raden Sumaatmaja pada tahun 1917 digunakan dalam penelitian ini sebagai objek material. Serat ini menceritakan kehidupan sepasang suami istri bernama Sadrana sejak hidup serba kekurangan hingga meraih kesuksesan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bentuk naratif, fungsi, dan posisi narator dalam Serat Sadrana karya Raden Sumaatmaja.
Teori naratologi Gerard Genette digunakan dalam penelitian ini untuk menganalisis unsur-unsur naratif dalam Serat Sadrana. Dalam teori naratologi Gerard Genette terdapat unsur naratif, yaitu order, duration, frequency, mood, dan voice yang digunakan untuk menjawab pertanyaan penelitian. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif dengan membaca, mencatat, dan menguraikan data-data.
Dari hasil kajian ditemukan bahwa order dalam Serat Sadrana termasuk anakroni flashback. Dalam duration ditemukan adanya ringkasan, jeda, elipsis eksplisit, dan adegan. Selanjutnya, frequency dalam Serat Sadrana terdiri atas representasi tunggal, representasi anaforis, dan representasi iteratif. Narator berperan sebagai pengamat yang menceritakan peristiwa dengan rinci. Pada unsur mood, fokalisasi termasuk ke dalam fokalisasi nol dan internal. Selanjutnya, dalam unsur voice, waktu penceritaan dalam serat adalah campuran antara naratif masa lampau dan masa kini. Untuk tingkat naratifnya adalah tipe intradiegetik-homodiegetik.
Serat Sadrana was written by Raden Sumaatmaja in 1917 is used in this research as the material object. This serat tells the life of a married couple named Sadrana from living in poverty to achieving success. The purpose of this research is to reveal the narrative form, function, and narrator’s position in Serat Sadrana by Raden Sumaatmaja.
Narratology by Gerard Genette is used in this research to analyze the narrative elements in Serat Sadrana. In this theory, there are narrative elements, such as order, duration, frequency, mood, and voice which used to reveal the problem. This research uses descriptive-qualitative method by reading, writing, and describing.
This study discovered that the order in Serat Sadrana is flashback anachrony. In duration, there are summaries, pauses, explicit ellipsis, and scenes. Furthermore, frequency in Serat Sadrana consists of single representation, anaphoric representation, and iterative representation. The narrator acts as observer who tells the detail. In mood, there is zero and internal focalization. Furthermore, in the voice, the narrative time is mixed of past and present narrative. The narrative level is intradiegetic-homodiegetic type.
Kata Kunci : Serat Sadrana, posisi narator, naratologi Gerard Genette