Laporkan Masalah

Pengembangan Paket Wisata Trip Konser Sebagai Produk Wisata Berbasis K-Pop Konser Untuk Komunitas K-Pop

FADHILAH AFRILIA HERDIANA, Cerry Surya Pradana, S.S., M.Sc., C.H.E.

2024 | Tugas Akhir | D4 Bisnis Perjalanan Wisata

Wisata konser atau biasa dikenal juga dengan wisata musik, merupakan salah satu bentuk wisata minat khusus yang sedang berkembang di Indonesia. Kegiatan utama pada wisata ini adalah menonton musik pada suatu penyelenggaraan konser di suatu tempat. Salah satu event konser yang banyak dilaksanakan di Indonesia adalah event konser K-Pop, tercatat bahwa terdapat lebih dari 30 konser K-Pop yang diselengarakan di Indonesia setiap tahunnya. Sudah sejak lama tren ‘Korean Wave’ berkembang di Indonesia, memicu pertumbuhan komunitas pecinta K-Pop terus bertambah setiap tahunnya. Komunitas K-Pop yang besar di Indonesia membentuk pola konsumsi yang tinggi, terhadap segala sesuatu yang berkaitan dengan idolanya, salah satunya adalah dalam menonton konser. Dari hal-hal tersebutlah tercetus ide bahwa pengembangan produk wisata konser trip ini memiliki peluang yang baik untuk dikembangkan. Penemuan penelitian ini dilakukan untuk merancang desain pengembangan paket wisata trip konser di Indonesia yang terbagi berdasarkan venue konser K-Pop di Indonesia yaitu Three Days Two Night Concert Trip to GBK Senayan dan Kota Kasablanka, dan Three Days Two Night Concert Trip to BCIS Ancol dan ICE BSD. Sehingga nantinya desain yang dibuat dalam penelitian ini dapat menjadi acuan pengembangan paket wisata yang dapat digunakan oleh penyedia jasa trip konser yang ada di Indonesia.

Concert tourism or also known as music tourism, is one of the forms of special interest tourism that is growing in Indonesia. The main activity on this tour is to watch music at a concert somewhere. One of the most frequently held concert events in Indonesia is the K-Pop concert event, it is recorded that there are more than 30 K-pop concerts heard in Indonesia every year. The Korean Wave has been growing in Indonesia for a long time, triggering the growth of the K-Pop enthusiast community that continues to grow every year. The large K-pop community in Indonesia forms a high consumption pattern, against everything related to its idol, one of which is in watching concerts. It is from these things that the idea arose that the development of the tourist product of this concert trip has a good opportunity to develop. Three Days Two Night Concert Trip to GBK Senayan and Kasablanka City, and Three days two night concert trip to BCIS Ancol and ICE BSD.

Kata Kunci : Paket Wisata, Produk Wisata, Wisata Konser, Komunitas K-Pop, Konser.

  1. D4-2024-456919-abstract.pdf  
  2. D4-2024-456919-bibliography.pdf  
  3. D4-2024-456919-tableofcontent.pdf  
  4. D4-2024-456919-title.pdf