Pengembangan Paket Wisata Trip Konser Sebagai Produk Wisata Berbasis K-Pop Konser Untuk Komunitas K-Pop
FADHILAH AFRILIA HERDIANA, Cerry Surya Pradana, S.S., M.Sc., C.H.E.
2024 | Tugas Akhir | D4 Bisnis Perjalanan Wisata
Wisata konser atau biasa dikenal juga dengan
wisata musik, merupakan salah satu bentuk wisata minat khusus yang sedang
berkembang di Indonesia. Kegiatan utama pada wisata ini adalah menonton musik
pada suatu penyelenggaraan konser di suatu tempat. Salah satu event
konser yang banyak dilaksanakan di Indonesia adalah event konser K-Pop,
tercatat bahwa terdapat lebih dari 30 konser K-Pop yang diselengarakan
di Indonesia setiap tahunnya. Sudah sejak lama tren ‘Korean Wave’
berkembang di Indonesia, memicu pertumbuhan komunitas pecinta K-Pop terus
bertambah setiap tahunnya. Komunitas K-Pop yang besar di Indonesia
membentuk pola konsumsi yang tinggi, terhadap segala sesuatu yang berkaitan
dengan idolanya, salah satunya adalah dalam menonton konser. Dari hal-hal
tersebutlah tercetus ide bahwa pengembangan produk wisata konser trip ini
memiliki peluang yang baik untuk dikembangkan. Penemuan penelitian ini
dilakukan untuk merancang desain pengembangan paket wisata trip konser
di Indonesia yang terbagi berdasarkan venue konser K-Pop di Indonesia
yaitu Three Days Two Night Concert Trip to GBK Senayan dan Kota
Kasablanka, dan Three Days Two Night Concert Trip to BCIS Ancol dan ICE
BSD. Sehingga nantinya desain yang dibuat dalam penelitian ini dapat menjadi
acuan pengembangan paket wisata yang dapat digunakan oleh penyedia jasa trip
konser yang ada di Indonesia.
Concert
tourism or also known as music tourism, is one of the forms of special interest
tourism that is growing in Indonesia. The main activity on this tour is to
watch music at a concert somewhere. One of the most frequently held concert
events in Indonesia is the K-Pop concert event, it is recorded that there are
more than 30 K-pop concerts heard in Indonesia every year. The Korean Wave has
been growing in Indonesia for a long time, triggering the growth of the K-Pop
enthusiast community that continues to grow every year. The large K-pop
community in Indonesia forms a high consumption pattern, against everything
related to its idol, one of which is in watching concerts. It is from these things
that the idea arose that the development of the tourist product of this concert
trip has a good opportunity to develop. Three Days Two Night Concert Trip to
GBK Senayan and Kasablanka City, and Three days two night concert trip to BCIS
Ancol and ICE BSD.
Kata Kunci : Paket Wisata, Produk Wisata, Wisata Konser, Komunitas K-Pop, Konser.