Laporkan Masalah

Konsepsi Metafisika Sarvepalli Radhakrishnan Mengenai Brahman dalam The Principal Upanisads

PUSPO RENAN JOYO, Dr. Rr. Siti Murtiningsih, S.S., M.Hum., Dr. Sindung Tjahyadi, M.Hum.

2024 | Disertasi | S3 Ilmu Filsafat

Brahman, sebagai ide utama di dalam Weda, merupakan salah satu wacana penting dalam filsafat Hindu yang telah lama menarik perhatian banyak pemikir. Ragam interpretasi yang muncul menunjukkan kompleksitas dan kekayaan makna Brahman. Penelitian ini bertujuan untuk memahami kompleksitas metafisika Brahman menurut Sarvepalli Radhakrishnan dalam karyanya, The Principal Upanisads.

Penelitian ini adalah penelitian filsafat, dengan menggunakan model penelitian historis faktual mengenai tokoh. Objek material penelitian adalah konsepsi Brahman menurut Sarvepalli Radhakrishnan dalam The Principal Upanisads, sedangkan objek formalnya adalah metafisika. Teks yang dikaji dalam penelitian ini berjudul The Principal Upanisads karya Sarvepalli Radhakrishnan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis metafisika dengan unsur metodis interpretatif dan deskriptif.

Hasil penelitian meliputi: Pertama, Brahman adalah Nirguna Brahman dan Ekam evadvitiyam, yaitu Realitas mutlak dan tunggal yang menjadi permulaan dari seluruh keberadaan. Kedua, Brahm?n adalah substansi spiritual yang memiliki dua aspek utama, yakni supra personal (Nirguna Brahman) dan personal konkrit (Saguna Brahman). Keduanya adalah pengungkapan yang absolut dan yang relatif dari yang satu. Ketiga, Brahman adalah realitas yang tunggal (sole reality). Kejamakan dipandang sekadar penampakan (rupa), bukan realitas. Keempat, Brahman adalah sebuah prinsip, kekuatan vital atau energi (pranah) yang direpresentasikan melalui berbagai manisfestasi, antara lain: Brahma sebagai daya kreatif (uttpti), Visnu sebagai pemelihara (stiti) dan Siva sebagai hakim dan pelebur (pralina). Kelima, Brahman adalah supra-personal, mutlak, Nirguna, di luar jangkaun pikiran manusia. Namun demikian, Brahman juga Saguna, repesentasi personal yang dapat dihayati sebagai kekuatan yang dapat ‘disapa’ oleh manusia.

 

Brahman, a central concept in the Vedas, has long captivated the minds of many thinkers, giving rise to a rich tapestry of interpretations that reflect the complexity and profoundness of its meaning. This study delves into the intricate metaphysical nature of Brahman as expounded by Sarvepalli Radhakrishnan in his seminal work, ‘The Principal Upanisads.

Employing a historical-factual approach to philosophical inquiry, this research examines Radhakrishnan’s conception of Brahman as presented in ‘The Principal Upanisads’. The material object of the study is Radhakrishnan’s exposition of Brahman, while the formal object is metaphysics itself. The primary text analyzed is Radhakrishnan’s ‘The Principal Upanisads’. Data analysis utilizes a metaphysical analysis method with interpretive and descriptive methodological elements.

The findings of this study encompass the following: First, Brahman is both Nirguna Brahm?n and Ekam evadvitiyam, the absolute and singular reality that serves as the fount of all existence. Second, Brahman is a spiritual substance encompassing two primary aspects: the supra-personal (Nirguna Brahman) and the concrete personal (Saguna Brahman). These represent the absolute and relative expressions of the One, respectively. Third, Brahman is the sole reality. Plurality is merely an appearance (rupa), not reality. Forth, Brahman is a principle, a vital force or energy (pranah) manifested in various forms, including: Brahma as the creative power (uttpti), Vi?u as the preserver (stiti), and Siva as the judge and dissolver (pralina). Fifth, Brahman is supra-personal, absolute, and Nirguna, lying beyond the grasp of human intellect. Yet, Brahman is also Saguna, a personal representation that can be experienced as a force that humans can ‘invoke’.

 

Kata Kunci : Metafisika, Brahman menurut Radhakrishnan, Brahman dalam analisis metafisika, Metaphysics, Brahman according to Radhakrishnan, Brahman in metaphysical analysis

  1. S3-2024-468079-abstract.pdf  
  2. S3-2024-468079-bibliography.pdf  
  3. S3-2024-468079-tableofcontent.pdf  
  4. S3-2024-468079-title.pdf