Analisis Tindak Tutur Ekspresif Berbahasa Inggris dalam Akun Instagram @agnezmo
Belinda Ekharisti Viklous, Prof. Dr. I Dewa Putu Wijana, S.U., M.A
2024 | Tesis | S2 Linguistik
Penelitian ini mengkaji strategi, jenis, dan faktor
eksternal tindak tutur ekspresif yang digunakan pada akun Instagram Agnes
Monica. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif
dengan penjelasan deskriptif. Hasil data yang peneliti kumpulkan dan analisis
adalah dari 140 data, dan diklasifikasikan terdapat 10 strategi tindak tutur
dengan strategi yang dominan adalah strategi “eksplisit, langsung, literal,
dan tersurat” terdapat 43 atau sebanyak 31% tuturan dengan.
Kemudian, ditemukan 16 fungsi tindak tutur ekspresif dengan fungsi yang paling
dominan adalah “bersemangat” sebesar 18%, Peneliti juga menemukan beberapa
faktor yang mempengaruhi tindak tutur ekspresif Bahasa Inggris di Instagram
@agnezmo yang digambarkan sebagai masyarakat modern dengan ciri-cirinya adalah
memiliki tingkat mobilitas tinggi, meniti karier di dunia internasional,
berusaha berkomunikasi secara global dengan menggunakan bahasa yang dapat
dipahami secara luas, dan terpengaruh oleh sosial budaya sekitar. Faktor-faktor
tersebut mempengaruhi gaya hidup dan kebiasaan berbahasa Agnes Monica. Penggunaan
Bahasa Inggris juga menjadi salah satu strategi yang digunakan oleh Agnes dalam
branding dan mempromosikan karyanya melalui media sosial agar bisa diterima
pasar internasional.
This study examines strategies,
types, and external factors of expressive speech acts employed on Agnes
Monica’s Instagram account. The method used for this
research is qualitative research with a descriptive explanation. The results of
the data that the researchers have
collected and analysed are from 140 data, there are found 10 strategies of speech acts with the dominant strategy
“explicit, direct, literal, and expressed”
with 31%. Then, there are 16 kinds of expressive speech acts found, with the
most dominant function being
“excited” with 18%, The researcher also found some factors that influence English expressive speech acts
on @agnezmo Instagram where Agnes Monica is described
as a modern society with the characteristics of having a high level of mobility
who pursuing her career
internationally, tries to communicate globally by using a language that can be understood widely, and getting
affected by the social culture surroundings. These factors influenced the lifestyle and language habits of Agnes
Monica. Also, they became one of the
strategies that Agnes used in branding and promoting her works through social
media to be welcomed by the international market.
Kata Kunci : Bahasa Inggris; Promosi; Sosiopragmatik; Strategi; Tindak Tutur Ekspresif