Laporkan Masalah

Pengaruh Literasi Keuangan terhadap Penggunaan Media Sosial dalam Pembelajaran Akuntansi dengan Fear of Missing Out (FoMO) sebagai Variabel Mediasi

Khairani Fathia Rahma, Gunawan Wibisono, S.E., M.Acc., CA.

2024 | Skripsi | AKUNTANSI

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh literasi keuangan terhadap penggunaan media sosial dalam pembelajaran akuntansi dengan Fear of Missing Out (FoMO) sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan model pengambilan sampel convenience sampling. Populasi penelitian adalah mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi, dengan sampel mahasiswa yang pernah atau sedang mempelajari akuntansi melalui media sosial. Data yang digunakan adalah data primer yang didapat dari instrumen penelitian kuesioner daring menggunakan Google Forms. Data berhasil dikumpulkan dari 322 responden. Data diolah menggunakan metode analisis data SEM-PLS dan perangkat lunak SmartPLS versi 3.2.9. Landasan teori pada penelitian ini didasarkan pada Self-Determination Theory. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel literasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap FoMO, variabel literasi keuangan dan FoMO masing-masing berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan media sosial dalam pembelajaran akuntansi, dan variabel FoMO sebagai variabel mediasi secara positif dan signifikan memediasi hubungan antara literasi keuangan dengan penggunaan media sosial dalam pembelajaran akuntansi.

This study aims to examine the effect of financial literacy on the use of social media in accounting learning with Fear of Missing Out (FoMO) as a mediating variable. This study uses a quantitative method with a convenience sampling model. The study population was students from various universities, with a sample of students who had or were studying accounting through social media. The data used is primary data obtained from an online questionnaire research instrument using Google Forms. Data was collected from 322 respondents. The data were processed using the SEM-PLS data analysis method and SmartPLS software version 3.2.9. The theoretical foundation of this research is based on Self-Determination Theory. The results showed that financial literacy variables had a positive and significant effect on FoMO, financial literacy and FoMO variables each have a positive and significant effect on the use of social media in accounting learning, and FoMO variables as mediating variables positively and significantly mediated the relationship between financial literacy and the use of social media in accounting learning.

Kata Kunci : literasi keuangan, fear of missing out, penggunaan media sosial, pembelajaran akuntansi, self-determination theory, SEM-PLS

  1. S1-2024-441379-abstract.pdf  
  2. S1-2024-441379-bibliography.pdf  
  3. S1-2024-441379-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2024-441379-title.pdf