Laporkan Masalah

Maskulinitas dan Femininitas Tokoh Perempuan Na Heedo dalam Drama Korea Twenty Five, Twenty One (?? ??, ?? ??)

Winda Nur Ainny, Alfiana Amrin Rosyadi, S.S., M.A.

2023 | Skripsi | BAHASA KOREA

Penelitian ini membahas mengenai sisi maskulinitas dan femininitas pada tokoh Na Heedo yang menjadi tokoh utama perempuan dalam Drama Korea Twenty Five, Twenty One (2022). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi mengenai sisi maskulinitas dan femininitas yang ditemukan dalam tokoh utama. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Analisis  penelitian ini menggunakan teori maskulinitas tradisional Janet Saltzman Chafetz (1987).
Penelitian ini menunjukkan bahwa Na Heedo memiliki empat area maskulinitas dan empat area femininitas. Pertama, peneliti menemukan empat sisi maskulinitas tradisional dalam tokoh Na Heedo, yaitu pada area maskulinitas penampilan fisik yang meliputi sifat  kuat dan berani. Pada area maskulinitas seksual ditemukan bahwa Na Heedo memiliki sifat agresif secara seksual. Pada area maskulinitas intelektual, Na Heedo memperlihatkan kemampuannya dalam  bersikap rasional. Terakhir adalah area maskulinitas karaktersitik pribadi lainnya yang meliputi percaya diri. 
Kedua, peneliti menemukan empat area femininitas tradisional dalam tokoh Na Heedo, yaitu pada area femininitas penampilan fisik ditemukan bahwa Na Heedo merasa khawatir terhadap penampilannya. Pada area femininitas emosional ditemukan bahwa Na Heedo memiliki sifat sentimental, ekspresif, bisa menangis, dan gugup. Pada area femininitas intelektual ditemukan bahwa Na Heedo memiliki pemikiran yang dangkal, sifat perseptif, dan memiliki sisi ‘seni’ dalam dirinya. Pada area femininitas karakteristik pribadi lainnya ditemukan bahwa Na Heedo memiliki sifat pemalu dalam dirinya dan tidak merasa bersalah.  
Meskipun Na Heedo sama-sama memiliki empat area maskulinitas dan femininitas, Na Heedo merupakan seorang atlet perempuan yang sisi femininitasnya lebih dominan daripada sisi maskulinitasnya. 

This study discusses the masculinity and femininity sides in the character Na Heedo, who is the main female character in the Korean drama Twenty Five, Twenty One (2022). The aim of this study is to identify the masculinity and femininity sides found in the main female character. This study uses descriptive qualitative research methods. This study  analysis uses Janet Saltzman Chafetz's theory of traditional masculinity (1987).

Based on the analysis of this study, it shows that Na Heedo has four areas of masculinity and four areas of femininity. First, four sides of traditional masculinity are found in the character Na Heedo. In the  physical appearance area, it was found that Na Heedo had a strong and brave traits. In the area of sexual masculinity, it was found that Na Heedo had a sexually aggressive trait. In the area of intellectual masculinity, Na Heedo shows his ability to be rational. Lastly is the other personal area, Na Heedo had a great self-confidence. 

Second, four areas of traditional femininity were found in the character Na Heedo. In the area of physical appearance, it was found that Na Heedo felt worried about her appearance. In the area of emotional, it was found that Na Heedo is sentimental, expressive, can cry, and nervous. In the area of intellectual, it was found that Na Heedo has shallow thinking, perceptive, and has an 'arty' side to herself. In the area of other personal, it was found that Na Heedo has shy and innocent traits. 

Even though Na Heedo has the same four areas of masculinity and femininity, Na Heedo is a female athlete whose femininity is more dominant than her masculinity.


Kata Kunci : Femininitas, Maskulinitas, Drama, Twenty Five Twenty One / Femininity, Masculinity, Drama, Twenty Five Twenty One

  1. S1-2023-443332-abstract.pdf  
  2. S1-2023-443332-bibliography.pdf  
  3. S1-2023-443332-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2023-443332-title.pdf