Laporkan Masalah

Analisis Jurgen Habermas Terhadap Peran Platform Weverse Sebagai Media Komunikasi K-Pop

Kemuning Sekar Langit Ayundinie, Dr. Hastanti Widy Nugroho dan Prof. Lasiyo. M.A, M.M.

2024 | Skripsi | ILMU FILSAFAT

Platform komunikasi digital merupakan salah satu bentuk dari media sosial yang mendukung tindakan komunikasi serta upaya penyebarluasan informasi dalam beberapa bidang industi, salah satunya industi hiburan K-Pop. Platform Weverse merupakan platform komunikasi digital yang memiliki jumlah pengguna terbanyak dibandingkan dengan platform komunikasi digital lainnya.  Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan menjelaskan mengenai analisis kritis tindakan komunikasi Jurgen Habermas terhadap peran platform Weverse sebagai media komunikasi di  dunia K-Pop.

Penelitian ini merupakan penelitian dengan jenis penelitian kepustakaan dan data pada sebuah platform komunikasi digital. Data primer yang digunakan pada penelitian ini adalah platform Weverse dan buku Jurgen Habermas dengan judul The Theory of Communicative Action Vol. 1 Reason and The Rationalization of Society. Peneliti menggunakan metode hermeneutika filosofis dengan unsur metode deskripsi, interpretasi, koherensi inter serta refleksi kritis dalam mengkaji peran platform Weverse sebagai media komunikasi digital K-Pop ditinjau dalam perspektif kritis tindakan komunikasi Jurgen Habermas.

Penelitian ini pertama menghasilkan pengetahuan dasar mengenai peran platform Weverse sebagai media komunikasi digital K-Pop melalui penggunaan fitur-fitur yang tersedia, serta hasil dari bentuk komunikasi yang berlangsung pada platform Weverse dengan analisis kritis Jurgen Habermas mengenai bentuk tindakan komunikasi yang mengorientasikan bentuk dari tindakan komunikasi yang sesuai dengan hasil dari kepentingan komunikasi tersebut. Pada platform Weverse terdapat beberapa upaya pencapaian atas keberhasilan dan kepentingan dari beberapa partisipan yang menjadikan platform Weverse masuk ke dalam tindakan rasional-bertuju sebagai bentuk dari kapitalisasi modern dalam wujud platform komunikasi digital di era modern.

Digital communication platforms are a form of social media that supports communication and information dissemination in several industries, including the K-Pop entertainment industry. The Weverse platform is a digital communications platform that has the largest number of users compared to other digital communications platforms.  This research aims to analyze and explain Jurgen Habermas's critical analysis of the role of the Weverse platform as a medium of communication in the K-Pop world.

This study is a study with a type of library and data research on a digital communication platform. The primary data used in this study are the Weverse platform and Jurgen Habermas' book "The Theory of Communication Action Vol. 1". 1 Reason and The Rationalization of Society. Researchers used philosophical hermeneutics methods with elements of methods of description, interpretation, inter coherence and critical reflection in examining the role of the Weverse platform as a medium of digital K-Pop communication reviewed in the critical perspective of Jurgen Habermas's communication actions.

This research first led to a basic knowledge of the role of the Weverse platform as a medium of digital K-Pop communication through the use of available features, such as the ability to communicate with other users. As well as the results of the form of communication that took place on the Weverse platform with Jurgen Habermas's critical analysis of the form of communication action that orientates the form of communication action that matches the outcome of the communication interest. On the Weverse platform there are several achievements for the success and interests of some participants that make the Weverse platform a rational-purpose act as a from of modern capitalization in the form of modern digital communications platform.

Kata Kunci : Platform Weverse, fitur, partisipan K-Pop, interaksi, pencapaian keberhasilan, kapitalisasi

  1. S1-2024-429625-abstract.pdf  
  2. S1-2024-429625-bibliography.pdf  
  3. S1-2024-429625-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2024-429625-title.pdf