Laporkan Masalah

Hubungan Frekuensi Penggunaan Media Sosial Instagram dan TikTok terhadap Perilaku Makan Remaja di SMA Negeri 9 Yogyakarta

Marsandha Dela Safitri, Harry Freitag Luglio Muhammad, S.Gz., M.Sc., R.D; Dr. Supriyati, S.Sos., M.Kes

2023 | Skripsi | GIZI KESEHATAN

Latar Belakang: Remaja cenderung memiliki perilaku makan yang tidak baik. Perilaku makan tidak baik dapat dipengaruhi oleh berbagai macam faktor individu maupun lingkungan yaitu kebiasaan remaja dalam menggunakan media sosial. Perkembangan informasi yang ada pada media sosial dapat menjangkau dan mempengaruhi remaja pada perilaku salah satunya adalah perilaku makan apabila tidak dikontrol penggunaannya. 

Tujuan: Mengetahui adanya hubungan antara penggunaan media sosial Instagram dan TikTok terhadap perilaku makan remaja di SMA Negeri 9 Yogyakarta. 

Metode: Penelitian observasional dengan rancangan studi cross-sectional terhadap 106 subjek penelitian berusia 15-17 tahun. Durasi dan frekuensi penggunaan media sosial, perilaku makan, uang saku, jenis kelamin, akses makanan, dan dukungan teman sebaya diukur menggunakan kuesioner

Hasil: Terdapat hubungan durasi penggunaan media sosial Instagram dan TikTok (p-value= 0,007; 0,014; 0,048; 0,033) serta frekuensi penggunaan media sosial Instagram dan TikTok (p-value= 0,012; 0,044), tidak terdapat hubungan penggunaan media sosial Instagram terkait makanan dengan perilaku makan remaja (p-value= 0,138; r= 0,216), tidak terdapat hubungan penggunaan media sosial TikTok terkait makanan dengan perilaku makan remaja (p-value= 0,272; r= 0,197), tidak ada keterkaitan variabel perancu (jenis kelamin, uang saku, akses konsumsi makanan siap saji, dan dukungan teman sebaya) dengan perilaku makan. Variabel yang paling berhubungan sginifikan terhadap perilaku makan adalah durasi penggunaan media sosial Instagram saat hari libur dengan Exp (B)= 3,852.

Kesimpulan: Terdapat hubungan antara durasi dan frekuensi penggunaan media sosial Instagram dan TikTok dengan perilaku makan pada remaja di SMAN 9 Yogyakarta dan tidak ditemukan keterkaitan  variabel perancu (jenis kelamin, uang saku, akses konsumsi makanan, dan dukungan teman sebaya) dengan perilaku makan dalam penelitian ini. Variabel yang paling berhubungan signifikan pada penellitian ini adalah durasi penggunaan media sosial Instagram saat hari libur.

Background: Adolescents tend to have poor eating behavior. Poor eating behavior can be influenced by a variety of individual and environmental factors, especially adolescents' habits in using social media. The development of information on social media can reach and influence adolescents on behavior, one of which is eating behavior if its use is not controlled. 

Objective: To determine the relationship between the use of social media Instagram and TikTok on adolescent eating behavior at SMA Negeri 9 Yogyakarta.

Method: Observational research with a cross-sectional study design on 106 research subjects aged 15-17 years. Duration and frequency of social media use, eating behavior, pocket money, gender, food access, and peer support were measured using a questionnaire. 

Results: There is association between the duration of Instagram and TikTok social media use (p-value = 0.007; 0.014; 0.048; 0.033) and frequency of Instagram and TikTok social media use (p-value = 0.012; 0.044), there is no relationship between food-related Instagram social media use and adolescent eating behavior (p-value = 0.138; r = 0.216), there is no relationship between food-related TikTok social media use and adolescent eating behavior (p-value = 0.272; r = 0.197), there is no association of confounding variables (gender, pocket money, access to fast food consumption, and peer support) with eating behavior. The variable most associated with eating behavior was the duration of Instagram social media use on weekends with Exp (B)= 3.852.

Conclusion: There is a relationship between the duration and frequency of using Instagram and TikTok social media with eating behavior in adolescents at SMAN 9 Yogyakarta and no association of confounding variables (gender, pocket money, access to food consumption, and peer support) with eating behavior in this study. The most influential variable in this study was the duration of Instagram social media use on weekends.

Kata Kunci : Media Sosial, Instagram, TikTok, Perilaku Makan, Remaja.

  1. S1-2023-441942-abstract.pdf  
  2. S1-2023-441942-bibliography.pdf  
  3. S1-2023-441942-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2023-441942-title.pdf