Keberlanjutan perusahaan dan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan: Kasus perusahaan farmasi terkemuka di Vietnam
Duc-Hoa Vu, Prof. Nurul Indarti, Sivilokonom., Cand.Merc., Ph.D.
2023 | Tesis | Magister ManajemenGlobalisasi telah membawa banyak perubahan pada praktik bisnis dan aturan main di negara-negara berkembang, dan Vietnam tidak terkecuali, yang ditandai dengan ekspansi ekonomi yang cepat, isu-isu sosial, dan ledakan aktivitas komersial. Keberlanjutan perusahaan dan keberlanjutan sosial adalah konsep bisnis global yang baru dan memerlukan organisasi untuk secara hati-hati menganalisis tren dan perubahan sosial dan lingkungan untuk berhasil. Namun, pemahaman saat ini tentang keberlanjutan perusahaan masih perlu lebih koheren dan tidak jelas untuk membuat kemajuan menuju penerapan praktik keberlanjutan perusahaan yang koheren dan seragam dalam kegiatan perusahaan. Studi ini bertujuan untuk (1) membandingkan perbedaan antara perusahaan berbasis lokal dan internasional dalam hal menangani isu-isu keberlanjutan melalui praktik CSR dan (2) menguji bagaimana keberlanjutan perusahaan dan CSR dipertimbangkan untuk menghasilkan keunggulan kompetitif oleh perusahaan farmasi terkemuka di Vietnam. Metodologi kualitatif diadopsi dengan analisis dokumen pada 16 perusahaan global dan lokal, dikombinasikan dengan wawancara dengan sembilan manajer sumber daya manusia dan pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan yang signifikan dalam fokus perusahaan global dan domestik ketika menangani isu-isu keberlanjutan. Pada saat yang sama, mekanisme dengan mana kegiatan ini menciptakan keunggulan kompetitif untuk kedua kelompok perusahaan juga berbeda. Secara umum, perusahaan domestik lebih fokus pada keberlanjutan sosial perusahaan normatif untuk meningkatkan reputasi mereka dan membatasi risiko. Namun, mereka tidak memberikan banyak keuntungan berkelanjutan dalam hal keunggulan kompetitif. Sementara itu, perusahaan global dengan pengalaman internasional lebih fokus pada keberlanjutan sosial perusahaan strategis untuk menguntungkan banyak pihak secara simultan, membantu perusahaan untuk berbeda dan meningkatkan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. Studi ini memberikan referensi yang berguna bagi perusahaan di dalam dan di luar industri yang ingin menerapkan keberlanjutan perusahaan dan keberlanjutan sosial perusahaan. Pada saat yang sama, itu membuka potensi arah penelitian masa depan untuk memenuhi keterbatasan dari penelitian ini.
Globalization has brought many changes to business practices and the rules of the game in developing countries, and Vietnam is not an exception, characterized by rapid economic expansion, societal issues, and a boom in commercial activity. Corporate sustainability and social sustainability are new global business concepts that require organizations to carefully analyze societal and environmental trends and changes to succeed. However, the present understanding of corporate sustainability still needs to be more cohesive and amorphous to make progress toward a cohesive and uniform adoption of corporate sustainability practices in company activities. This study aims to (1) compare the differences between local-based and international companies in terms of addressing sustainability issues through CSR practices and (2) examine how corporate sustainability and CSR are being considered to generate competitive advantages by leading pharmaceutical companies in Vietnam. The qualitative methodology is adopted with document analysis on 16 global companies and companies, combined with interviews with nine human resources and marketing managers. Research results show significant differences in the focus of global and domestic companies when dealing with sustainability issues. At the same time, the mechanism by which these activities create competitive advantages for the two groups of companies is also different. In general, domestic companies focus more on normative corporate social sustainability to improve their reputation and limit risk. However, they do not provide much in the way of sustainable competitive advantage. Meanwhile, global companies with international experience focus more on strategic corporate social sustainability to benefit many parties simultaneously, helping the company differentiate and enhance sustainable competitive advantage. This study contributes a helpful reference for companies inside and outside the industry that want to implement corporate sustainability and corporate social sustainability. At the same time, it opens up potential future research directions to fulfill the limitations of this research.
Kata Kunci : Keberlanjutan Perusahaan, Keberlanjutan Sosial Perusahaan, Keunggulan Kompetitif, Industri Farmasi