Laporkan Masalah

Analisis Preferensi Reward ASN Gen X, Y, dan Z: Studi Kasus Pada Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam

Geraldy Pratama Putra, Dr. Ely Susanto, MBA

2022 | Tesis | MAGISTER ILMU ADMINISTRASI PUBLIK

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan memberikan gambaran mengenai preferensi reward generasi X, Y, dan Z yang bekerja pada sektor publik dengan lokus Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam. Reward merupakan salah satu alat yang digunakan oleh organisasi publik untuk dapat meningkatkan motivasi dan kinerja dari anggota organisasi. Namun seringkali sistem reward dibuat berdasarkan perspektif organisasi, bukan berdasarkan kebutuhan dan preferensi penerima reward yang dituju. Agar pemberian reward menjadi efektif dan tepat sasaran, maka organisasi harus mampu memahami dan mengidentifikasi preferensi reward dari masing-masing pegawainya karena setiap reward memiliki value yang berbeda bagi setiap individu. Salah satu faktor yang mempengaruhi perbedaan preferensi reward dari setiap individu adalah karateristik bawaan dari generasi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode campuran sequential explanatory, dimana penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif terlebih dahulu melalui penyeberan kuesioner kepada sebanyak 74 responden ASN generasi X, Y, dan Z pada Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam, dan kemudian dilanjutkan melalui pendekatan kualitatif dengan melakukan wawancara mendalam terhadap informan yang dipilih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ASN generasi X, Y, dan Z pada Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam mempunyai preferensi reward yang cukup berbeda antara satu generasi dengan generasi lainnya. Secara ekstrinsik, ASN generasi X dan generasi Y lebih menginginkan jenis reward berupa work-life balance, sementara generasi Z lebih menginginkan reward berupa gaji yang tinggi dan kompetitif. Secara intrinsik, ASN generasi X lebih ingin mendapatkan reward berupa rasa bahagia dan rasa nyaman terhadap pekerjaan, sementara generasi Y dan Z lebih menginginkan jenis reward berupa lingkungan serta hubungan yang positif di tempat kerja.

The study aimed to identify and provide an overview of the reward preferences of generations X, Y, and Z, who worked in the public sector with the locus of the Immigration Office Special Class I TPI Batam. A reward is one of the tools used by public organizations to increase the motivation and performance of members of the organization. However, reward systems are often based on an organizational perspective rather than on the intended recipients' needs and preferences. For rewards to be effective and on target, organizations must be able to understand and identify the reward preferences of each employee because each reward has a different value for each individual. One of the factors that influence differences in reward preferences of each individual is the hereditary characteristics of the generation. This research was conducted using a sequential explanatory mixed method, where research was carried out using a quantitative approach first by distributing questionnaires to as many as 74 ASN of generation X, Y, and Z respondents at the Immigration Office Special Class I TPI Batam. Then, it was continued through a qualitative approach by conducting in-depth interviews with selected informants. The study results show that ASN generations X, Y, and Z at the Immigration Office Special Class I TPI Batam have quite different reward preferences from one generation to another. Extrinsically ASN generation X and Y prefer a type of reward in the form of a work-life balance, while generation Z prefers a reward in the form of a high and competitive salary. Intrinsically ASN generation X prefers to get rewards in the form of a feeling of happiness and a sense of comfort at work, while generation Y and Z prefer this type of reward in the form of a positive environment and relationship at work.

Kata Kunci : reward, generasi, preferensi reward

  1. S2-2022-484779-abstract.pdf  
  2. S2-2022-484779-bibliography.pdf  
  3. S2-2022-484779-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2022-484779-title.pdf