Laporkan Masalah

Tinjauan Prinsip Etika Bisnis terhadap Strategi Pemasaran pada Perusahaan Haltech Indonesia

WAHYU TAUFIQ HIDAYAT, Prof. Dr. Lasiyo, M.A, M.M.,

2023 | Skripsi | S1 FILSAFAT

Penelitian Tinjauan Prinsip Etika Bisnis terhadap Strategi Pemasaran pada Perusahaan Haltech Indonesia 2023 bertujuan untuk mengetahui penerapan prinsip-prinsip etika bisnis dalam setiap aktivitas strategi pemasaran yang dilakukan oleh Haltech. Peneliti memilih objek material sistem pemasaran Haltech dengan alasan keberhasilan Haltech dalam menjadi perusahaan 3D printing yang cukup bersaing di pasar nasional disaat gempuran produk 3D printing impor cukup menjamur di Indonesia. 3D printing impor menawarkan harga yang jauh lebih murah dan kualitas yang bagus, namun tetap banyak masyarakat yang mempercayakan Haltech sebagai penyedia kebutuhan 3D printing. Hal ini tentu menimbulkan pertanyaan yang mengarah kepada permasalahan etis pemasaran yang cukup menarik untuk dikaji lebih dalam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran Haltech Indonesia ditinjau dari prinsip-prinsip etika bisnis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang berangkat dari masalah aktual yaitu permasalahan etis dibalik strategi pemasaran Haltech Indonesia. Penelitian dilakukan melalui tahapan observasi partisipan, wawancara, inventarisasi data, klasifikasi data, an���¡lisis s���­ntesis, dan evaluasi kritis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Haltech Indonesia telah menerapkan prinsip-prinsip etika bisnis secara komprehensif meliputi tahapan landasan penentuan strategi pemasaran, perencanaan strategi pemasaran, dan pelaksanaan strategi pemasaran. Prinsip-prinsip etika bisnis tidak hanya dijadikan pedoman dan slogan saja, melainkan diterapkan secara maksimal. Hal tersebut didasari atas kesadaran bahwa dengan menerapkan etika bisnis, akan mendatangkan kesuksesan bisnis jangka panjang berupa kestabilan internal dan aspek peningkatan kepercayaan dari pihak eksternal. Kunci keberhasilan Haltech untuk bersaing di pasar 3D printing nasional adalah dengan menambahkan value khusus, yang tidak dimiliki oleh perusahaan pesaing. Kata kunci: Strategi pemasaran, prinsip etika bisnis, 3D printing, Haltech Indonesia

A research Review of Business Ethical Principles on Marketing Strategy at Haltech Indonesia Companies 2023 aims to find out the application of business ethics principles in every marketing strategy activity carried out by Haltech. The researcher chose the material object for Haltech's marketing system on the grounds of Haltech's success in becoming a 3D printing company that is quite competitive in the national market when the onslaught of imported 3D printing products is quite mushrooming in Indonesia. Imported 3D printing offers much cheaper prices and good quality, but many people still trust Haltech as a provider for their 3D printing needs. This, of course, raises questions that lead to marketing ethical issues which are quite interesting to study more deeply. This study aims to analyze Haltech Indonesia's marketing strategy in terms of business ethics. This research is qualitative research that departs from an actual problem, namely the ethical problem behind Haltech Indonesia's marketing strategy. The research was conducted through the stages of participant observation, interviews, data inventory, data classification, synthesis analysis, and critical evaluation. The results of this study indicate that Haltech Indonesia has implemented the principles of business ethics in a comprehensive manner covering the basic stages of determining the marketing strategy, planning the marketing strategy, and implementing the marketing strategy. The principles of business ethics are not only used as guidelines and slogans, but are implemented optimally. This is based on the awareness that applying business ethics will bring long-term business success in the form of internal stability and aspects of increasing trust from external parties. The key to Haltech's success in competing in the national 3D printing market is by adding special value, which competitors do not have. Keywords: Marketing strategy, business ethics principles, 3D printing, Haltech Indonesia

Kata Kunci : Keywords: Marketing strategy, business ethics principles, 3D printing, Haltech Indonesia

  1. S1-2023-412006-abstract.pdf  
  2. S1-2023-412006-bibliography.pdf  
  3. S1-2023-412006-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2023-412006-title.pdf