ANALISIS STRATEGI KEUNGGULAN BERSAING PERUSAHAAN EFEK DI PASAR MODAL: STUDI KASUS PADA PT BRI DANAREKSA SEKURITAS
WULAN SUPARWANTI, Rocky Adiguna, SE., M.Sc., Ph.D.,
2022 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)Pasar modal memiliki peran sebagai sumber pembiayaan jangka panjang bagi emiten dan menawarkan alternatif investasi kepada investor sehingga keberadaannya sangat penting bagi perekonomian di suatu negara. Para pelaku inti, yaitu emiten dan investor, tidak dapat melakukan transaksi secara langsung di pasar modal dan memerlukan bantuan penyedia jasa perantara yang disebut perusahaan efek. Salah satu perusahaan efek di Indonesia adalah PT BRI Danareksa Sekuritas, yang merupakan anak perusahaan dari grup BRI dan Danareksa. Perusahaan akhirnya dapat memperoleh laba setelah membukukan rugi selama 4 tahun. Tantangan perusahaan selanjutnya adalah mempertahankan laba sehingga evaluasi mengenai kondisi daya saing perusahaan di industri sekuritas sangat diperlukan untuk menjaga keberlangsungan usaha di masa depan. Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor lingkungan eksternal dan internal perusahaan, mengidentifikasi posisi usaha perusahaan di industri sekuritas, dan memformulasikan strategi dalam upaya meningkatkan keunggulan bersaing. Hasil analisis lingkungan eksternal menunjukkan bahwa peluang terbesar perusahaan adalah peningkatan jumlah investor pasar modal dengan ancaman utama adalah sentimen negatif global untuk bursa saham Indonesia. Skor Matriks EFE mengindikasikan respon perusahaan baik terhadap peluang dan ancaman di dalam industri. Sementara dari sisi internal, kekuatan terbesar perusahaan adalah memiliki aplikasi sistem perdagangan online dengan kelemahan utama, yaitu pangsa pasar perusahaan masih kecil. Skor Matriks IFE menunjukkan bahwa posisi internal perusahaan adalah kuat. Posisi perusahaan pada Matriks IE menunjukkan bahwa perusahaan berada pada tahap tumbuh dan berkembang (grow and build) dan strategi yang direkomendasikan kepada perusahaan adalah strategi intensif atau strategi integratif. Melalui Matriks SWOT diperoleh 5 strategi alternatif dan penentuan prioritas utama strategi QSPM adalah menambah program pemasaran untuk meningkatkan jumlah nasabah.
The capital market is a source of long-term financing for issuers and offers investment alternatives to investors, so its existence is essential for the countrys economy. The leading players, issuer and investor, could not conduct transactions directly and required the assistance of intermediary service providers, called securities companies. One of the securities companies in Indonesia is PT BRI Danareksa Sekuritas, a subsidiary of the BRI and Danareksa groups. The company finally made a profit after posting a loss for four years. The next challenge is maintaining its earnings, so assessing the company's competitive position in the securities industry is essential to reach business continuity in the future. This descriptive qualitative study aims to identify the company's external and internal environmental factors, identify the company's business position in the securities industry, and formulate strategies in the context of increasing the companys competitive advantage. The results of the external environment analysis show that the company's most significant opportunity is in the increasing number of capital market investors, with the main threat is negative global sentiment for the Indonesian stock market. The EFE Matrix score indicates the company is good in responding to the industry's opportunities and threats. Meanwhile, from the internal side, the company's biggest strength has an online trading system application, with a significant weakness is that the company's market share is still small. The IFE Matrix scores indicate that the company's internal condition is quite strong. Through the IE Matrix, the company's position is in the growth and build stage, and the recommended strategy is intensive or integrative. SWOT Matrix obtains 5 (five) alternative strategies, and the QSPM shows that the priority strategy is to add marketing programs in order to increase the number of customers.
Kata Kunci : Capital Market, Securities Companies, Competitiveness, PESTEL Analysis, Porter's Five Forces Model, Key Success Factors, IE Matrix, Strategic Group Analysis, SWOT Matrix, QSPM.