Laporkan Masalah

THE IMPLEMENTATION OF JOGJA SMART SERVICE (JSS) APPLICATION TO SUPPORT THE PUBLIC SERVICE IN KOTA YOGYAKARTA

KINTAN PRATITA W, Ahmad Muam, S.S., M.Sc

2022 | Tugas Akhir | D3 BAHASA INGGRIS

Tujuan dari tugas akhir ini adalah untuk menjelaskan tentang penerapan aplikasi Jogja Smart Service (JSS) dalam mendukung kualitas pelayanan publik di Kota Yogyakarta. Penulis melakukan metode studi pustaka dan observasi dalam mengumpulkan data melalui program magang di Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Yogyakarta dari bulan Januari hingga Maret 2020. Penulis juga melakukan wawancara dengan beberapa staff untuk mengetahui dan memperkuat penjelasan tugas akhir ini. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian adalah suatu badan yang bertugas dalam bidang komunikasi, informatika, dan statistika serta layanan yang berkaitan dengan publik. Untuk mendukung kualitas layanan publik di Kota Yogyakarta, Dinas komunikasi Informatika dan Persandian mengembangkan aplikasi digital yang disebut Jogja Smrt Service (JSS). Aplikasi ini memberikan kemudahan bagi masyarakat dengan cara memberikan pelayanan publik secara online hanya dengan satu aplikasi. Dengan adanya berbagai layanan yang tersedia, masyarakat dapat memperoleh layanan, mengajukan permohonan dan menyampaikan keluhan tanpa mendatangi langsung instansi yang diperlukan.

The purpose of this final paper is to explain the implementation of the Jogja Smart Service (JSS) application in supporting the quality of public services in Kota Yogyakarta. The writer uses a literature study and observation method in collecting data through an internship program at Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Yogyakarta from January to March 2020. The writer also conducted some interviews with several staff to find out and strengthen this final paper. Based on the results of this study indicate that the Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian is an institution in the fields of communication, informatics, and statistics as well as services related to the public. To support the quality of the public services in Kota Yogyakarta, Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian has developed a digital application called Jogja Smrt Service (JSS). This application provides convenience for the community by providing online public services with only use one application. With the various services available, the public can obtain services, submit requests and submit complaints without having to come directly to the required institution.

Kata Kunci : Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian, Application, Jogja Smart Service, Public Service

  1. D3-2022-415423-abstract.pdf  
  2. D3-2022-415423-bibliography.pdf  
  3. D3-2022-415423-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2022-415423-title.pdf