Laporkan Masalah

Pengaruh Daya Tarik Visual Kemasan Kopi XYZ Sachet terhadap Minat Beli Konsumen Mahasiswa Universitas Gadjah Mada

FITRIYANA DEWI, Dr. Moh. Affan Fajar Falah, S.T.P., M.Agr., Ph.D.

2022 | Tugas Akhir | D3 AGROINDUSTRI

Latar belakang studi kasus ini adalah banyaknya kemunculan produk kopi instan kekinian terutama di kalangan mahasiswa. Kopi Good Day sachet memiliki berbagai varian rasa dengan daya tarik visual kemasan yang menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah daya tarik visual kemasan dapat mempengaruhi minat beli konsumen. Daya tarik visual terdiri dari merek/logo, bentuk, warna, illustrasi, tipografi dan tataletak. Hasil penelitian ini akan menjelaskan pengaruh variabel-variabel tersebut terhadap minat beli Populasi yang digunakan dalam studi kasus ini adalah mahasiswa UGM dengan jumlah sampling 100. Metode analisis data pertama adalah deskriptif untuk mendiskripsikan identitas dan karakteristik responden. Metode analisis data kedua adalah kuantitatif dengan mengguakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji f dan uji t. Hasil studi kasus menunjukan bahwa merek/logo memiliki taraf signifikansi sebesar 0,00 < 0,05 yang artinya mempengaruhi minat beli. Bentuk kemasan memiliki taraf signifikansi 0,09 < 0,05 yang artinya mempengaruhi minat beli. Warna kemasan memiliki taraf signifikansi 0,006 < 0,05 yang artinya mempengaruhi minat beli. Illustrasi kemasan memiliki taraf signifikansi 0,368 > 0,05 yang artinya tidak mempengaruhi minat beli. Tipografi memiliki taraf signifikansi 0,147 > 0,05 yang artinya tidak mempengaruhi minat beli. Tataletak memiliki taraf signifikansi 0,00 < 0,05 yang artinya mempengaruhi minat beli. Seluruh variabel daya tarik visual secara bersama-sama mepengaruhi minat beli.

The background of this case study is the emergence of contemporary instant coffee products, especially among students. Good Day coffee sachets have various flavors with attractive packaging and visual appeal. This study aimed to determine whether the visual appeal of packaging can affect consumer buying interest. The Visual appeal consists of brand/logo, shape, color, illustration, typography, and layout. This study will explain the effect of these variables on buying interest. The population used in this case study is UGM students with a total sampling of 100. The first data analysis method is descriptive to describe the identity and characteristics of the respondents. The second data analysis method is quantitative using a validity test, reliability test, classical assumption test, multiple regression analysis, f test, and t-test. The results of the case study show that the packaging brand/logo with a significance level of 0.00 <0.05, which means that it affects buying interest. The form of packaging with a significance level of 0.09 <0.05, which means that it affects buying interest. The color of the packaging shows a significance of 0.006 <0.05, which means that it affects buying interest. The packaging illustration shows a significance of 0.368 > 0.05, which means it does not affect buying interest. The typography shows a significance of 0.147 > 0.05, which does not affect buying interest. The layout shows a significance of 0.00 < 0.05, which affects buying interest. All variables of visual attractiveness together influence buying interest.

Kata Kunci : daya tarik visual, kemasan, minat beli, kopi instan, effects of the visual, packaging, buying interest, instant coffee

  1. D3-2022-431587-abstract.pdf  
  2. D3-2022-431587-bibliography.pdf  
  3. D3-2022-431587-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2022-431587-title.pdf