Laporkan Masalah

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI NIAT KONSUMEN UNTUK MENGGUNAKAN APLIKASI STOCKBIT

DZIKRULLAH UMAM, Bayu Aji Aritejo, S.E., M.M., M.Si., Ph.D.

2022 | Tesis | Magister Manajemen

INTISARI Perkembangan teknologi dalam hal ini smartphone dan terutama financial technology memungkinkan terjadinya inovasi-inovasi dalam dunia investasi yang membuat investor dapat melakukan investasi secara daring yang disebut dengan Online Trading System (OTS) melalui smartphone mereka. Namun demikian, tidak semua inovasi tersebut disambut baik, hal itu tercermin pada rendahnya jumlah investor di pasar modal yang hanya 2,2 persen dari jumlah seluruh populasi Indonesia, jauh lebih kecil daripada negara-negara tetangga seperti Singapura (26 persen dari jumlah seluruh populasi) dan Malaysia (9 persen dari jumlah seluruh populasi). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kualitas informasi konten media sosial, harapan kinerja, harapan upaya, pengaruh sosial, keinovatifan konsumen, kepercayaan konsumen, dan fasilitas pendukung pada niat penggunaan Aplikasi Stockbit Responden dalam penelitian ini didapatkan dengan metode purposive sampling, dengan jumlah jumlah seluruh responden yang memenuhi syarat yaitu pengguna media sosial Instagram, pernah melihat iklan Aplikasi Stockbit dan atau pernah melihat konten yang dibagikan Aplikasi Stockbit di Instagram, memiliki ketertarikan untuk berinvestasi, memiliki dana untuk diinvestasikan, berdomisili di Indonesia dan belum pernah menggunakan Aplikasi Stockbit berjumlah 141 orang. Metode pengolahan data dilakukan dengan PLS-SEM menggunakan perangkat lunak SmartPLS. Temuan penelitian menunjukkan bahwa fasilitas pendukung, harapan upaya, keinovatifan konsumen, kualitas informasi tidak berpengaruh pada niat penggunaan akan tetapi kualitas informasi memberikan pengaruh positif terhadap harapan upaya dan harapan kinerja, sedangkan harapan kinerja, kepercayaan konsumen, dan pengaruh sosial berpengaruh positif pada niat penggunaan Aplikasi Stockbit.

The development of technology in this case smartphone and especially financial technology allows innovations in the investment sector, enabling investors can make investments online with Online Trading System (OTS) through their smartphones. Nevertheless, not all of these innovations are welcomed which is reflected in the lower number of investors in the capital market which is only 2.2 percent of Indonesia's population, much smaller than neighboring countries such as Singapore (26 percent of the population) and Malaysia (9 percent of the population). The purpose of this research was to examine the influence of the quality of social media content information, performance expectations, effort expectations, social influence, consumer innovativeness, consumer trust, and supporting facilities on Aplikasi Stockbit application usage intentions. Samples in this study were obtained by purposive sampling method, the jumlah seluruh number of eligible respondents was 141. The data processing method is done with PLSSEM using SmartPLS software. Samples in this study were obtained by purposive sampling method, the number of eligible respondents was 141. The data processing method is done with PLS-SEM using SmartPLS software. The study findings showed that support facilities, effort expectations, consumer innovativeness, information quality do not influence usage intentions, but the quality of information had a positive influence on effort expectations and performance expectations, while performance expectations, consumer trust, and social influence positively influence usage intentions. Keywords: UTAUT, investment, quality of social media content information, performance expectations, effort expectations, social influence, consumer innovativeness, consumer trust, support facilities, usage intentions, online trading system.

Kata Kunci : UTAUT, investasi, kualitas informasi konten media sosial, harapan kinerja, harapan upaya, pengaruh sosial, keinovatifan konsumen,kepercayaan konsumen, fasilitas pendukung, niat penggunaan, online trading system.

  1. S2-2022-465032-abstract.pdf  
  2. S2-2022-465032-bibliography.pdf  
  3. S2-2022-465032-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2022-465032-title.pdf