PROTOKOL SEBAGAI BAGIAN DARI HUBUNGAN MASYARAKAT (Studi Kasus pada Fungsi Protokol dalam Institutional Branding di Universitas Gadjah Mada Tahun 2020-2021)
NANA CHOLISNA, Prof. Dr. Phil. Ana Nadhya Abrar, M.E.S.
2022 | Tesis | MAGISTER ILMU KOMUNIKASIHubungan Masyarakat (Humas) memberikan peran penting bagi sebuah institusi seperti Perguruan Tinggi Negeri, salah satu perannya adalah membangun reputasi positif bagi publik melalui sebuah branding institusi (institutional branding). Bagian Humas dan Protokol yang merupakan salah satu lembaga penanggung jawab dalam melakukan branding di Universitas Gadjah Mada, salah satunya caranya adalah melaui manajemen acara (event management) yang dilakukan Subbagian Protokol. Penelitian tentang protokol masih sangat jarang dan biasanya hanya di lingkup pemerintah pusat maupun daerah saja, sedangkan kajian tentang peran protokol bagi institutional branding di perguruan tinggi masih sangat minim khususnya di Perguruan Tinggi Negeri. Penelitian ini berfokus pada fungsi protokol dalam melakukan manajemen acara sebagai bentuk institutional branding di perguruan tinggi negeri khususnya Universitas Gadjah Mada. Bagaimana peran protokol bagi institutional branding di Universitas Gadjah Mada? Objek penelitian ini adalah Subbagian Protokol, Bagian Humas dan Protokol Universitas Gadjah Mada, mereka adalah aktor penting dalam kegiatan keprotokolan serta manajemen acara (event management) di Univeritas Gadjah Mada. Konsep yang digunakan oleh peneliti untuk menjawab rumusan masalah secara konseptual adalah dengan menggunakan konsep Hubungan Masyarakat (Humas) Perguruan Tinggi, Keprotokolan dan branding. Metode penelitian yang dilakukan adalah studi kasus dan penyajian data dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan fungsi Protokol dalam intitutional branding Univeristas Gadjah Mada melalui manajemen acara (event management), khususnya pada acara-acara seremonial di masa Pandemi Covid-19 yang diselenggarakan universitas secara umum berjalan dengan baik. Namun, masih terdapat beberapa kekurangan seperti SDM yang belum memadai, belum optimalnya koordinasi secara virtual dan belum dijalankannya proses evaluasi secara tertulis. Kata Kunci: Branding, Institutional Branding, Hubungan Masyarakat, Protokol, Manajemen Acara
Public Relations (PR) plays an important role for an institution such as a State University, one of its roles is to build a positive reputation for the public through institutional branding. The Public Relations and Protocol Section which is one of the institutions responsible for branding at Universitas Gadjah Mada, one of the ways is through event management carried out by the Protocol Subdivision. Research on protocols is still very rare and usually only in the scope of the central and local governments, while studies on the role of protocols for institutional branding in universities are still very minimal, especially in State Universities. This study focuses on the function of protocol in performing event management as a form of institutional branding in state universities, especially Universitas Gadjah Mada. What is the role of protocol for institutional branding at Universitas Gadjah Mada? The object of this research is the Protocol Subdivision, the Public Relations and Protocol Section of Universitas Gadjah Mada, they are important actors in protocol activities and event management at Universitas Gadjah Mada. The concept used by researchers to answer the problem formulation conceptually is to use the concepts of Higher Education Public Relations, Protocol and branding. The research method is a case study and the data presentation is done with a qualitative approach. Data obtained from interviews, observations and documentation. The results of this study show that the function of the Protocol in the institutional branding of Universitas Gadjah Mada through event management, especially at ceremonial events during the Covid-19 Pandemic that the university organized generally went well. However, there are still some shortcomings, such as inadequate human resources, not optimal virtual coordination and the written evaluation process has not been carried out. Key Words: Branding, Institutional Branding, Public Relations, Protocol, Event Management
Kata Kunci : Branding, Institutional Branding, Hubungan Masyarakat, Protokol, Manajemen Acara