Laporkan Masalah

Analisis Pengaruh Persepsi Risiko Terhadap Perilaku Berkendara Dan Risiko Kecelakaan Mahasiswa Pengendara Sepeda Motor Dalam Konteks Jenis Kelamin

MUHAMMAD ANJAS DEVALDI, Ir.Rini Dharmastiti, M.Sc., Ph.D

2021 | Skripsi | S1 TEKNIK INDUSTRI

Angka kasus kecelakaan dalam berlalu lintas di Indonesia masih sangat tinggi dan mengkhwatirkan. Hal ini terjadi karena masih rendahnya peduli akan keselamatan berkendara pada masyarakat Indonesia. Lebih parahnya lagi, penyumbang kasus kecelakaan berkendara di Indonesia didominasi oleh masyarakat dalam usia produktif dan pelajar dengan jenis kendaraan sepeda motor sebagai kendaraan yang paling sering terlibat kecelakaan. Salah satu faktor dalam terjadinya kecelakaan adalah sikap atau perilaku dalam berkendara. Sikap buruk dalam berkendara dapat meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan dan hal hal lain yang tidak diinginkan. Perilaku dalam berkendara dipengaruhi oleh beberapa faktor, dan salah satunya adalah persepsi risiko. Maka dalam penelitian ini akan dicari pengaruh dari persepsi risiko terhadap perilaku berkendara dan hubungan nya kepada risiko kecelakaan. Dalam penelitian ini digunakan metode analisis Structural Equation Model atau dapat disingkat SEM. SEM adalah metode analisis multivariat yang dapat digunakan dalam mengukur, merepresentasikan, dan menguji pengaruh antar variabel dan indikatornya, variabel satu dan lainnya, serta kesalahan dalam pengujian untuk mendapatkan gambaran yang menyeluruh terkait penelitian kedalam bentuk model SEM. Dari penelitian ini diketahui bahwa persepsi risiko memiliki pengaruh terhadap perilaku dalam berkendara. Selain itu persepsi risiko juga memiliki pengaruh terhadap terjadinya risiko kecelakaan, dan terakhir adalah bahwa perilaku dalam berkendara menentukan keselamatan dan peluang terjadinya risiko kecelakaan.

The number of traffic accidents in Indonesia is still very high and worrying. This happens because of the low awareness in driving safety among Indonesian people. Worse yet, the contributors to driving accidents in Indonesia are dominated by people in productive age and students, with motorcycles being the vehicle most frequently involved in accidents. One of the factors in the occurrence of accidents is the attitude or behavior in driving. Bad driving attitude can increase the risk of accidents and other things that are not desirable. Driving behavior is influenced by several factors, and one of them is risk perception. So in this study, we will look for the influence of risk perception on driving behavior and its relationship to accident risk. In this study, the Structural Equation Model analysis method or SEM. SEM is a multivariate analysis method that can be used to represent, measure, and test the influence or relationship between variables and their indicators, one variable to another, and test errors to get a comprehensive picture of research into the SEM model. From this research, it is known that risk perception has an influence on driving behavior. In addition, the perception of risk also has an influence on the occurrence of accident risk, and finally, driving behavior determines safety and the chance of accident risk.

Kata Kunci : Persepsi Risiko, Perilaku Berkendara, Risiko Kecelakaan, Structural Equation Model, Sepeda Motor, Pelajar

  1. S1-2021-385125-abstract.pdf  
  2. S1-2021-385125-bibliography.pdf  
  3. S1-2021-385125-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2021-385125-title.pdf