ANALISIS GAYA BAHASA DALAM IKLAN FASHION PADA AKUN RESMI INSTAGRAM MAJALAH FUDGE EDISI TAHUN 2020
CHORIA SALWA, Drs. Mulyadi, M.A.
2021 | Skripsi | S1 SASTRA JEPANGIklan merupakan salah satu wacana untuk memperkenalkan suatu produk dagang. Berbagai macam iklan dapat ditempatkan di berbagai media termasuk media sosial Instagram. Pada penelitian ini penulis mengambil tema pemakaian gaya bahasa dalam iklan fashion pada akun resmi Instagram majalah Fudge edisi tahun 2020 karena majalah Fudge merupakan salah satu majalah fashion yang populer di kalangan wanita dewasa muda Jepang. Data diambil dari unggahan Instagram majalah Fudge sejumlah empat bulan edisi dengan cara mencatat data-data kalimat. Kemudian data-data kalimat yang sudah terkumpul diklasifikasikan jenis -jenis gaya bahasa yang dipakai dan dianalisis faktor yang memengaruhi pemakaian gaya bahasa tersebut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori semantik, teori gaya bahasa, teori iklan, dan teori pengaruh perilaku konsumen. Teori semantik merupakan studi ilmu linguistik yang digunakan untuk meneliti makna kebahasaan yang mana gaya bahasa termasuk ke dalamnya. Lalu teori gaya bahasa menurut Seto Kenichi digunakan untuk mengklasifikasikan jenis-jenis gaya bahasa yang tedapat dalam data-data kalimat. Kemudian teori iklan digunakan untuk menjelaskan struktur iklan dan teori faktor pengaruh perilaku konsumen digunakan untuk menjelaskan faktor yang memengaruhi pemakaian gaya bahasa iklan fashion Jepang untuk wanita muda dewasa pada akun resmi Instagram majalah Fudge edisi tahun 2020. Hasil penelitian ini adalah ditemukannya lima belas data kalimat dengan dua belas jenis gaya bahasa; simile satu data, metafora dua data, meiosis satu data, hiperbola tiga data, repetisi satu data, metonimi satu data, zeugma satu data, onomatopoeia satu data, eufimisme satu data, sinekdok satu data, tautologi satu data, inversi satu data. Faktor yang memengaruhi pemakaian gaya bahasa tersebut menyesuaikan dengan perilaku konsumen dari segi psikologis yaitu motivasi, persepsi, pembelajaran, keyakinan dan sikap.
Advertising is one of the discourses to introduce a trade product. Various kinds of advertisements can be placed on various media including social media’s Instagram. In this study, the author took the theme of using figurative language in Japanese fashion advertisements for young adult women on the official Instagram account of the 2020 edition of Fudge magazine because Fudge magazine is one of the most popular fashion magazines among Japanese young adult women. The data is taken from the Instagram upload of Fudge magazine in four months by recording sentence data. Then the sentence data that has been collected is classified into the types of figurative language used and the factors that influence the use of these figurative languages are analyzed. The theories used in this research are semantic theory, figurative language theory, advertising theory, and the theory of the influence of consumer behavior. Semantic theory is the study of linguistics that is used to examine the meaning of language in which figurative language is included. Then the theory of figurative language according to Seto Kenichi is used to classify the types of figurative languages contained in sentence data. Then advertising theory is used to explain the structure of advertising and the theory of factors influencing consumer behavior is used to explain the factors that influence of using Japanese fashion advertising figurative language for young adult women on the official 2020 edition of Fudge magazine's Instagram account. The results of this study are the discovery of fifteen data sentences with twelve types of figurative languages; one-data simile, two-data metaphor, one-data meiosis, three-data hyperbole, one-data repetition, one-data metonymy, one-data zeugma, one-data onomatopoeia, one-data euphemism, one-data synecdoche, one-data tautology, one-data inversion. The factors that influence of the use of the figurative language adjusts from psychological factors that influence consumer behaviors; motivation, perception, learning, belief system and attitude.
Kata Kunci : majalah, iklan, gaya bahasa, perilaku konsumen