Laporkan Masalah

ANALISIS PENGGUNAAN GAYA DAN FUNGSI BAHASA DALAM WACANA IKLAN PRODUK KECANTIKAN PADA MAJALAH ELLE KOREA: KAJIAN SEMANTIK

PRILIA ADIYANA PUTRI, Dr. Tri Mastoyo Jati Kesuma, M.Hum.

2021 | Skripsi | S1 BAHASA DAN KEBUDAYAAN KOREA

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) wujud gaya bahasa dan maknanya serta (2) fungsi bahasa yang digunakan dalam wacana iklan produk kecantikan yang terdapat pada website majalah Elle Korea. Secara khusus, penelitian ini menjelaskan bagaimana penutur iklan (copywriter) menyampaikan pesan iklan tersebut melalui artikel dengan gaya bahasa yang digunakan. Data penelitian ini adalah 47 iklan produk kecantikan majalah Elle Korea yang berupa kata, frasa, dan kalimat pada situs website majalah tersebut. Data dikumpulkan dengan cara mencatat kalimat-kalimat iklan produk kecantikan berbahasa Korea yang kemudian diklasifikasikan dengan alat bantu kartu data yang terdiri dari nomor data, merk produk, jenis produk, deskripsi data, dan jenis gaya bahasa yang terdapat pada deskripsi data untuk melihat jenis gaya bahasa yang digunakan. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif secara keseluruhan dengan menggabungkan analisis bentuk gaya bahasa, maknanya serta fungsi bahasa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada 47 iklan produk kecantikan yang diteliti ditemukan 11 jenis gaya bahasa, yaitu simile, personifikasi, metonimia, onomatope, mimesis, metafora, erotesis, gaya bahasa pengutipan, hiperbola, elipsis, dan repetis. Gaya bahasa simile dan hiperbola merupakan gaya bahasa yang banyak ditemukan dalam wacana iklan penelitian ini. Pada penelitian ini ditemukan lima fungsi bahasa yang digunakan dalam wacana iklan produk kecantikan melalui penggunaan gaya bahasa yakni, fungsi ekpresif, fungsi informasional, fungsi interaksional, fungsi imajinatif, dan fungsi direktif. Kelima fungsi yang ditemukan saling berkaitan satu sama lain dengan tujuan untuk lebih mempengaruhi, membujuk, serta memenuhi pemilihan dan keputusan konsumen dalam membeli produk kecantikan.

This study aims to describe (1) the form of language style and (2) language functions in the discourses used in advertisements for beauty products on the website of Elle Korea magazine. Specifically, this research explains how copywriter conveys the advertising message through articles in the styles of language being used. The subjects of the study are 47 advertisements of Elle Korea Magazine beauty products obtained through the magazine's website. The object of the study is the form of language style found in Elle Korea Magazine taken from the discourses of beauty product advertisements. This research was carried out by taking notes based on the Korean-language sentence, phrases, and words found in the beauty product advertisements. The data were then classified using data cards that recorded the data number, product brands, product types, data descriptions, and the types of language style. All of them were utilized to see the types of language style being used in the advertisements. Data were analyzed both descriptively and qualitatively by combining the analysis on the style of language and its meaning. The results shows that in 47 advertisements of beauty products analyzed, only 11 types of language styles are found, namely simile, personification, metonymy, onomatopoeia, mimesis, metaphor, erotesis, citation, hyperbole, repetition, ellipsis, and repetition. In this study, the styles of language frequently used in advertising lines includes are simile and hyperbole because the advertisings are trying to emphasize the characteristics of beauty products advertised using exaggerated comparisons. Result also shows that the advertisement texts are deliberately using rhetorical expressions to convey the language functions. There are 5 functions found in the study: the representational function, the instrumental function, the interactive function, the imaginative function, and the personal function.

Kata Kunci : iklan, gaya bahasa, iklan produk kecantikan, ELLE

  1. S1-2021-364546-abstract.pdf  
  2. S1-2021-364546-bibliography.pdf  
  3. S1-2021-364546-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2021-364546-title.pdf