Laporkan Masalah

Karakteristik Bahasa Iklan pada Iklan Produk Kecantikan Korea Selatan

ALMIRA FITRA ARFIAN, Suray Agung Nugroho, M.A., Ph.D.

2021 | Skripsi | S1 BAHASA DAN KEBUDAYAAN KOREA

Penelitian ini menganalisis tentang karakteristik bahasa iklan yang ditemukan dalam iklan produk kecantikan Korea Selatan. Secara khusus, tujuan dari penelitian ini adalah meneliti karakteristik bahasa iklan ditinjau dari tiga aspek linguistik, yakni leksikon, sintaksis dan gaya bahasa. Penelitian ini menggunakan data yang diambil dari 21 video iklan produk kecantikan Korea Selatan bermerek Innisfree, Laneige, dan Sulwhasoo. Data dikumpulkan dengan teknik rekam, simak, dan catat kalimat yang ada pada 21 video iklan produk kecantikan Korea Selatan tersebut. Data kemudian dianalisis menggunakan teori bahasa iklan menurut Zhihong Bai (2018) sebagai acuan dasar dalam menganalisis karakteristik bahasa iklan. Selain itu, digunakan juga teori leksikon dalam bahasa iklan menurut Lee Hong-sik (2002) untuk menganalisis karakteristik leksikon; teori pembagian jenis kalimat menurut Kim Nami (2010) untuk menganalisis karakteristik sintaksis; dan teori gaya bahasa menurut Kim Wook-dong (2002) untuk menganalisis gaya bahasa. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan tiga karakteristik leksikon dalam bahasa iklan, yaitu penggunaan kata baru, penggunaan kata serapan dan penggunaan kata asing. Selanjutnya, berdasarkan karakteristik sintaksis dalam bahasa iklan sendiri sering dijumpai penggunaan kalimat persuasif yang dibagi ke dalam tiga bentuk kalimat, yaitu kalimat deklaratif, kalimat interogatif, dan kalimat perintah. Sementara itu, berdasarkan jenis gaya bahasa yang ada dalam iklan, dari 24 jenis hanya ditemukan 13 jenis gaya bahasa yaitu, gaya bahasa epistrofa, mimesis, simile, metonimia, personifikasi, pun, inversi, repetisi, anadiplosis, elipsis, retoris, hypophora, dan hiperbola.

This research analyzes the characteristics of advertising language used in advertisements of South Korean beauty products. Specifically, the aim of this research is to describe the characteristics of advertising language in terms of three (3) linguistic aspects: lexicon, syntax and language style. The objects of this research are taken from 21 advertisement videos of South Korean beauty products under the brand of ‘Innisfree, Laneige, and Sulwhasoo’. The analysis is carried out by the technique of recording, listening and noting down the sentences used within the 21 advertisement videos of South Korean beauty products. The data produced during this process are then analyzed using the theory of advertising language by Zhihong Bai (2018) as the base reference during the analysis of the characteristics of advertising language. The analysis also uses the lexicon theory in advertising language by Lee Hong-sik (2002) to analyze the characteristic of lexicon. Then, the sentence types theory by Kim Nami (2010) is used to analyze the characteristic of syntax; and the figure of speech theory by Kim Wook-dong (2002) is used to analyze the language style. The result of this research indicates three characteristics of the lexicon in the advertising language: the use of neologistic words, the use of loanwords, and the use of foreign words. Meanwhile, based on the syntactic characteristics in the advertising language, one characteristic is found: the use of sentence types, they are declarative, interrogative sentence and imperative sentences. Apart from that, based on the types of language style in the advertisement, there are only 13 out of 24 types found: epistrophe, mimesis, simile, metonymy, personification, pun, inversion, repetition, anadiplosis, ellipsis, rhetorical question, hypophora and hyperbole.

Kata Kunci : iklan, iklan produk kecantikan Korea Selatan, bahasa iklan, leksikon, sintaksis, gaya bahasa/ advertisement, advertisement of South Korean beauty products, advertising language, lexicon, syntax, figure of speech.

  1. S1-2021-383881-abstract.pdf  
  2. S1-2021-383881-bibliography.pdf  
  3. S1-2021-383881-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2021-383881-title.pdf