Laporkan Masalah

PENGARUH IKLAN PRODUCT PLACEMENT DALAM FILM PARASITE TERHADAP KEPOPULERAN PRODUK JJAPAGURI

YUSSIKA ANJARWATI, Yuni Wachid Asrori, S.S., M.A

2021 | Tugas Akhir | D3 BAHASA KOREA

Tugas Akhir ini berjudul “Pengaruh Iklan Product Placement Jjapaguri Dalam Film Parasite Terhadap Kepopuleran Jjapaguri.” Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bentuk dan pengaruh penempatan produk nongshim dalam Film Parasite terhadap kepopuleran produk tersebut dan untuk mengetahui makna representatif dibalik penambahan daging sapi korea (한우) dalam hidangan Jjapaguri di film Parasite. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan acuan referensi seperti buku, jurnal, artikel, serta berita media online yang relevan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk iklan penempatan produk dalam film ini dapat mempengaruhi kepopuleran sebuah produk. Kepopuleran ini dapat dilihat dari kesadaran merek dari penonton terhadap produk, produk semakin dikenal oleh banyak orang, penjualan produk meningkat, serta memunculkan ide untuk mengeluarkan produk baru.

The title of this paper is “The Influence of Jjapaguri Product Placement In The Parasite Movie On The Popularity of Jjapaguri Product.” The aim of this research is to determine the shape and influence of the placement of nongshim products in Parasite movie on the popularity of these products. As well as to find out the representative meaning behind the addition of Korean beef in Jjapaguri dishes in Parasite movie. The method of this research is using a descriptive qualitative methods with using references such as books, journals, articles, and relevant online media news. The results of this research indicates that product placement advertisements in movies can affect product popularity. This is due to brand awareness from the audience, the products can recognized by many people, increased product sales, as well as generating ideas for realising new products.

Kata Kunci : Film, Iklan, Product Placement, Brand Awareness

  1. D3-2021-416245-abstract.pdf  
  2. D3-2021-416245-bibliography.pdf  
  3. D3-2021-416245-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2021-416245-title.pdf