PERAN SALES MARKETING PADA DIVISI TOUR DALAM PENYELENGGARAAN PAKET WISATA INSENTIF DI SAMANATA TRIP ORGANIZER YOGYAKARTA
SENDY AGUSTIN, Carlos Iban, S.S., M.Sc
2020 | Tugas Akhir | D3 PARIWISATAPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan, tugas, dan fungsi sales marketing pada Divisi Tour Department di Samanata Trip Organizer Yogyakarta dalam penyelenggaraan paket insentif tour, penanganan paket MICE serta strategi pemasaran paket insentif tour dalam kegiatan pemasaran di Samanata Trip Organizer Yogyakarta. Penulisan ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan melakukan kegiatan pengamatan langsung di lapangan. Peneliti juga melakukan wawancara secara tidak langsung dengan beberapa narasumber guna mengumpulkan dokumentasi perusahaan. Selain itu, peneliti juga melakukan studi pustaka untuk mendukung penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran sales marketing Divisi Tour di Samanata Trip Organizer Yogyakarta dalam penyelangaraan paket insentif tour dapat menarik perhatian klien untuk membeli paket insentif tour serta mendatangkan revenue bagi Samanata Trip Organizer Yogyakarta.
This research aims to determine the roles, duties and functions of the sales marketing of The Department of Tour Division in organizing tour incentive packages, handling MICE, especially, for incentive tour packages and marketing strategies at Samanatha Trip Organizer Yogyakarta. The methods uses qualitative descriptive by conducting direct observation on the field. The author also conducted interviews indirectly with several informans to collect company documentation. In addition, the authors also conducted a literature study to support this research. The results of this study indicate that the roles of sales marketing in the Tour Division Samanata Trip Organizer Yogyakarta are provides incentive tour packages could attract clients attention to buy tour incentive packages and gives revenue for Samanata Trip Organizer Yogyakarta.
Kata Kunci : MICE, Sales and Marketing Department, Insentif Tour