Laporkan Masalah

PROFESI MAKE-UP ARTIST(MUA) DALAM TINJAUAN PRINSIP-PRINSIP ETIKA BISNIS SONNY KERAF

Dina Alifiana, Dr. Ridwan Ahmad Sukri

2019 | Skripsi | S1 FILSAFAT

INTISARI Penelitian ini berjudul Profesi Make-Up Artist (MUA) dalam Tinjauan Etika Bisnis Sonny Keraf, berobjek material profesi Make-Up Artist (MUA) dan berobjek formal Etika Bisnis Sonny Keraf. Keinginan seseorang untuk mempercantik diri dan terlihat menarik melalui make-up sangat tinggi tetapi tidak semua orang dapat merias dirinya sendiri dengan baik dan sempurna. Kebutuhan yang tinggi akan jasa Make-Up Artist (MUA) dijadikan sebagai peluang bisnis untuk semua kalangan masyarakat. Keunggulan suatu jasa tergantung pada keunikan serta kualitas pelayanan yang diberikan oleh pemberi jasa atau Make-Up Artist (MUA) merupakan penilaian menyeluruh atas keunggulan suatu jasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengertian dari profesi Make-Up Artist (MUA), bagaimana para Make-Up Artist (MUA) bersaing dalam menjalani bisnis tersebut dan mengetahui analisiskritisprinsip-prinsipEtika Bisnis Sonny KerafterhadapprofesiMake-UpArtist (MUA). Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan model penelitian tentang masalah aktual diperkuat dengan studi pustaka, dan wawancara. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu tentang pengertian profesiMake-Up Artist (MUA) yang pekerjaannya merias orang. Make-Up Artist (MUA) dapat bertahan dipersaingan jika mampu menyediakan jasa yang berkualitas serta menghasilkan karya yang memiliki keunggulan dari lainnya. Menjadi seorang Make-Up Artist (MUA) harus mempunyai prinsip otonomi, prinsip kejujuran, prinsip keadilan, prinsip saling menguntungkan dan prinsip integritas moral agar bisnis tersebut bisa bertahan dalam jangka panjang.

ABSTRACT The research entitled Professional Make-Up Artist (MUA) review business ethics Sonny Keraf, object material professional Make-Up Artist (MUA) and object formal business ethics Sonny Keraf. The desire of someone to beautify them selves and look attractive through make-up is very high, but not everyone can make them selves well and perfectly. The high need for Make-Up Artist (MUA) services is used as a business opportunity for all people. The advantage of a service depends on the uniqueness and quality of service provided by the service provider or Make-Up Artist (MUA) is a comprehensive assessment of the superiority of a service. This study aims to find out the meaning of the Make-Up Artist (MUA) profession, how the Make-Up Artist (MUA) compete in conducting the business and find out the critical analysis of the Sonny Keraf business ethics principles towords the Make-Up Artist (MUA) profession. This research method uses a qualitative descriptive method with an actual problem research model reinforced by literature studies and interviews. The conclusion of this study is about the understanding of the profesion of Make-Up Artist (MUA) whose job is to make-up people. Make-Up Artist (MUA) can survive competitively if it is able to provide quality service and produce works that have advantages over others. Becoming a Make-Up Artist (MUA) must have the principle of honesty, the principle of justice, the principle of mutual benefit and the principle of moral integrity so that the bussiness can survive in the long term.

Kata Kunci : Profession, Make-UpArtist (MUA), Business

  1. S1-2019-377479-abstract.pdf  
  2. S1-2019-377479-bibliography.pdf  
  3. S1-2019-377479-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2019-377479-title.pdf