Laporkan Masalah

ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN PASAR INTERNET CEPAT INDIHOME DI JAKARTA

MUHAMMAD RIZKI A D, Rangga Almahendra, Dr. S.T., M.M.

2018 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)

Penelitian ini dilakukan di PT. Telekomunikasi Indonesia pada layanan internet cepat IndiHome. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kondisi lingkungan bisnis perusahaan dilihat dari sudut pandang internal maupun eksternal, serta menentukan lokasi dan segmen terbaik bagi perusahaan dalam melakukan strategi pengembangan pasar. Teknik analisis data yang digunakan yaitu matriks IFE, EFE, dan QSPM. Hasil dari penelitian ini yaitu peneliti berhasil mengidentifikasi sepuluh faktor internal dan sepuluh faktor eksternal dari kondisi lingkungan bisnis perusahaan. Hasil perhitungan data diperoleh nilai matriks IFE sebesar 2,77 dan matriks EFE sebesar 3,04. Pada tahap matriks QSPM, alternatif strategi pemilihan lokasi terbaik adalah wilayah Jakarta Selatan dengan Total Attractiveness Score (TAS) sebesar 7,10. Sedangkan untuk alternatif strategi pemilihan segmen terbaik adalah wilayah Kawasan dengan TAS sebesar 7,02. Model penelitian yang digunakan berguna untuk pengembangan penelitian selanjutnya pada topik strategi pengembangan pasar dalam alternatif pemilihan lokasi dan segmen.

This research was conducted at PT. Telekomunikasi Indonesia on IndiHome broadband internet service. This study aims to identify the condition of the company's business based on point of view both internal and external environment, as well as determining the best location and segment for the company in conducting market development strategy. Data analysis techniques used in the research are IFE, EFE, and QSPM matrix. The results of this study are the researcher has identified ten internal factors and ten external factors condition of the company's business environment. The results of the data calculation obtained that values from IFE matrix is 2.77 and EFE matrix is 3.04. At the QSPM matrix stage, the best alternative selection of location’s strategy is in the South Jakarta area with a Total Attractiveness Score (TAS) of 7.10. And the best alternative selection of segment’s strategy is in the Region area with a TAS of 7.02. The model used in this research is useful for further research development on the topic of market development strategy in alternative selection of location and segment strategies.

Kata Kunci : Strategi Pengembangan Pasar, Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks QSPM, PT. Telekomunikasi Indonesia, IndiHome.

  1. S2-2018-407237-abstract.pdf  
  2. S2-2018-407237-bibliography.pdf  
  3. S2-2018-407237-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2018-407237-title.pdf