Laporkan Masalah

STRATEGI CYBER PUBLIC RELATION HOTEL MELIA PUROSANI YOGYAKARTA DALAM MEMPERTAHANKAN CORPORATE IMAGE MELALUI SITUS ONLINE TRAVEL AGENT

RAHMAD WAHYU W, Eska Nia Sarinastiti, S.I.KOM., M.A; Carlos Iban, S.S., M.Sc

2018 | Tugas Akhir | D3 PARIWISATA

INTISARI Cyber Public Relation Hotel Melia Purosani Yogyakarta merupakan departemen yang bertanggung jawab untuk memberikan informasi terkait Hotel Melia Purosani Yogyakarta. Selain itu Cyber Public Relation juga bertanggung jawab untuk membangun hubungan dengan dengan berbagai pihak dalam rangka mempertahankan corporate image dan menghindari corporate image yang buruk. Pihak yang berhubungan dengan Cyber Public Relation Hotel Melia Purosani Yogyakarta antara lain yaitu pihak Online Travel Agent dan tamu yang melakukan reservasi melalui situs Online Travel Agent. Tugas akhir ini mengangkat kajian mengenai bagaimana strategi Cyber Public Relation Hotel Melia Purosani Yogyakarta dalam mepertahankan Corporate Image melalui situs Online Travel Agent. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi Cyber Public Relation Hotel Melia Purosani Yogyakarta dalam mepertahankan Corporate Image melalui situs Online Travel Agent. Penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penulisan tugas akhir ini menggunakan penelitian kualitatif eksploratif dengan metode observasi partisipatif, wawancara, dan dokumentasi. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer dikumpulkan melalui wawancara semi terstruktur dan observasi langsung, sedangkan data sekunder diperoleh dari pengamatan peneliti maupun sumber lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih terdapat beberapa kendala yang dialami oleh Cyber Public Relation Hotel Melia Purosani Yogyakarta dalam mepertahankan corporate image melalui situs Online Travel Agent. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi dalam mempertahankan corporate image melalui situs Online Travel Agent

Cyber Public Relations Melia Purosani Hotel Yogyakarta is the department responsible for providing information regarding the Melia Purosani Hotel Yogyakarta. Besides that Cyber Public Relations is also responsible for building relationships with various parties in order to maintain corporate image and avoid bad corporate image. Parties related to the Melia Public Relations Hotel Melia Purosani Yogyakarta include the Online Travel Agent and guests who make reservations through the Online Travel Agent site. This final project raises a study on how the Melia Purosani Yogyakarta Cyber Public Relations Strategy in maintaining Corporate Image through the Online Travel Agent site. The purpose of this study was to find out how the Melia Purosani Yogyakarta Cyber Public Relations Strategy in maintaining Corporate Image through the Online Travel Agent site. The research used by researchers in this final assignment uses eksploratory qualitative research with methods of participatory observation, interviews, and documentation. The type of data used is primary data and secondary data. Primary data is collected through semi-structured interviews and direct observation, while secondary data is obtained from observations by researchers and other sources. The results showed that there were still some obstacles experienced by Melia Purosani Yogyakarta's Cyber Public Relations Hotel in maintaining corporate image through the Online Travel Agent site. Therefore, a strategy is needed to maintain corporate image through the Online Travel Agent site.

Kata Kunci : Cyber Public Relation, Strategi memperthankan, Hotels, Corporate Image.

  1. D3-2018-386151-Abstract.pdf  
  2. D3-2018-386151-Bibliography.pdf  
  3. D3-2018-386151-Tableofcontent.pdf  
  4. D3-2018-386151-Title.pdf