ANALISIS GAYA BAHASA DALAM IKLAN BERMEREK LG ELECTRONICS: KAJIAN SEMANTIK
LADY AYU KURNIA I, Dr. Tri Mastoyo Kesuma Jati, M.Hum
2018 | Skripsi | S1 BAHASA DAN KEBUDAYAAN KOREAPenelitian ini menganalisis gaya bahasa yang digunakan dalam iklan LG Electronics untuk mengetahui ciri khas penggunaannya. Secara khusus, penelitian ini menjelaskan bagaimana penutur iklan (copywriter, model iklan dan voiceover) menyampaikan pesan iklan tersebut dengan gaya bahasa yang digunakan. Objek penelitian ini adalah iklan berbahasa Korea yang digunakan dalam 37 video iklan produk bermerek LG Electronics yang didapatkan melalui YouTube dan situs web resmi perusahaan tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan cara menyimak penggunaan bahasa Korea dalam iklan-iklan yang telah terpilih dan mengumpulkan kalimat-kalimat yang menggunakan berbagai macam gaya bahasa. Data diklasifikasikan dan dianalisis dengan menggunakan teori gaya bahasa yang membantu peneliti untuk melihat berbagai tipe dan jenis gaya bahasa yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada 37 video iklan LG Electronics yang diteliti, hanya ditemukan 18 jenis gaya bahasa yang digunakan dari 67 jenis gaya bahasa yang ada dalam teori. Namun, hal ini menunjukkan bahwa gaya bahasa yang dipakai sudah cukup mewakili dan memaparkan mengapa sebagian gaya bahasa tersebut sengaja digunakan. Untuk itulah, penelitian ini menunjukkan bahwa gaya bahasa tertentu dalam bahasa Korea memang sengaja digunakan untuk menyampaikan makna dan pesan suatu iklan.
This research analyses the use of language style in LG Electronics advertisements to examine the characteristics of its usage. In particular, this research explains how the copywriter, advertisement models, and voiceover altogether convey the messages of the advertisement by incorporating the language style. The objects of the study are advertisements using Korean language as portrayed in 37 videos of LG Electronics ads gathered via YouTube and the company's official websites. This research was carried out by watching and listening attentively to the use of Korean language in those ads and categorizing them based on the usage of language style. The data was analyzed using theory of language style to help the researcher classify different kinds of language types being used in each advertisement. The results indicate that in the 37 videos analyzed, there are only 18 language styles being used out of 67 types as stated in the theory of language styles. Still, it is fairly adequate to say that those 18 language styles are deliberately used. Thus, this study shows that particular language styles in Korean language are deliberately used to convey the meaning of those advertisements.
Kata Kunci : iklan, gaya bahasa, iklan LG Electronics