Laporkan Masalah

PROSES UNIT INFORMASI DI AIRPORT OPERATION LANDSIDE AND TERMINAL SECTION, PT. ANGKASA PURA I (PERSERO) DALAM PENYAMPAIAN INFORMASI DELAY DI BANDARA INTERNASIONAL ADISUTJIPTO YOGYAKARTA

TIARA DEWI ANGGRAENI, Carlos Iban, S.S., M.Sc

2018 | Tugas Akhir | D3 PARIWISATA

Unit Informasi di bandara merupakan suatu unit yang bertugas menyampaikan informasi kebandarudaraan kepada penumpang maupun non-penumpang. Unit Informasi menyampaikan informasi maskapai boarding hingga landing dan maskapai yang delay. Informasi tersebut disampaikan melalui perantara media maupun bertatapan langsung dengan pengguna jasa bandara. Oleh karena itu, Tugas Akhir ini mengangkat penelitian tentang peran unit informasi dalam penyampaian informasi delay maskapai di Bandara Internasional Adisutjipto. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi langsung di Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta, wawancara dengan informan yang dapat memberikan informasi secara akurat, dan menggunakan dokumentasi serta studi pustaka untuk mendapatkan data yang dibutuhkan dan melakukan analisis data Hasil Penelitian menunjukkan bahwa unit informasi memiliki peran yang penting dalam keberlangsungan proses penerbangan dan penyampaian informasi penerbangan terutama untuk delay maskapai yang disampaikan kepada penumpang dan non-penumpang. Dalam penyampaian informasi tersebut menggunakan berbagai media, yang mana media tersebut hanya dioperasikan oleh Unit Informasi saja. Dengan adanya bagian informasi penumpang maupun non-penumpang dapat dengan mudah mendapatkan informasi ketika berada di Bandara Adisutjipto Yogyakarta.

Information Unit in Airport is a unit that has a job to deliver airports information for passengers and non-passengers. Information unit deliver boarding airline to landing airline information and delayed airline information. The information is deliver through media intermediaries as well as facing with airport service users directly The method used in this final assignment is using descriptive qualitative research with data collection techniques such as direct observation at Adisutjipto International Airport Yogyakarta, interviews with informants that could give information accurately, documentation, and literature study to obtain the data and then the was analyzed. Result shows that the information unit has an important role in the continuity of the flight process and the delivery of flight information, especially for ailine delays information to passengers and non-passengers. Various media used for delivering information that operated only by information unit. With this unit, information can easily gotten by passenger and non-passenger when they are at Adisutjipto International Airport.

Kata Kunci : Unit Informasi, Delay Maskapai, Informasi, PT. Angkasa Pura I (Persero), Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta

  1. D3-2018-384512-abstract.pdf  
  2. D3-2018-384512-bibliography.pdf  
  3. D3-2018-384512-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2018-384512-title.pdf