WACANA MOTIVASI MARIO TEGUH DALAM MEDIA SOSIAL FACEBOOK
SYIFA HELMIA W, Drs. Ridha Mashudi Wibowo, M.Hum
2017 | Skripsi | S1 SASTRA INDONESIAPenelitian berjudul "Wacana Motivasi Mario Teguh dalam Media Sosial Facebook" bertujuan untuk mengidentifikasi dan menguraikan bentuk-bentuk wacana motivasi Mario Teguh dalam media sosial facebook. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menjelaskan aspek-aspek kebahasaan dan prinsip-prinsip pragmatis yang ada pada wacana motivasi Mario Teguh dalam media sosial facebook. Penelitian ini dilakukan melalui tiga tahap,yaitu penyediaan data, analisis data, dan penyajian hasil. Data diambil dari facebook fanpage Mario Teguh. Populasi berjumlah 338 data. Metode yang digunakan dalam penyediaan data dalam penelitian ini adalah metode simak bebas libat cakap. Analisis data penelitian ini menggunakan metode instrospeksi, metode komparasi, metode padan referensial, metode padan translasional, dan metode padan ortografis. Hasil analisis data disajikan secara formal dan informal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa wacana motivasi Mario Teguh dalam media sosial facebook memiliki beragam topik, bentuk, dan aspek kebahasaan. Topik paling dominan adalah topik percintaan dan kesabaran. Struktur yang terdapat dalam wacana tersebut adalah pembuka, isi, dan penutup. Relasi makna yang dominan dalam wacana tersebut adalah sinekdoke dan metafora. Kebanyakan wacana tersebut ditujukan untuk khalayak. Muatan pesan yang paling dominan adalah menasihati dan menyuruh. Mario Teguh menggunakan prinsip-prinsip pragmatis dalam wacana motivasinya yang terdiri dari tindak tutur, strategi tindak tutur, prinsip kerja sama, dan prinsip kesopanan.
The study entitled "The Motivational Discourse of Mario Teguh on Social Media Facebook" aims to describe and identify the forms of motivational discourse Mario Teguh in social media facebook. In addition, this study also aims to explain the aspects of language and pragmatic principles that exist in the motivational discourse of Mario Teguh on social media facebook. This studywas conducted through three stages, namely the provision of data, data analysis, and the presentation of results. Data was taken from Mario Teguh's facebook fanpage. The population amounted to 338 datas. The method used in the data collection stage in this study was uninvolved conversation observation technique. Data analysis in this study using introspection method, comparative method, referential identity method, translational identity, and orthographic identity. The results of data analysis are presented formally and informally. The results of this study indicate that the motivational discourse of Mario Teguh on social media facebook has a variety of topics, forms, and linguistic aspects. The dominant topic areabout love and patience. The structures contained in the discourse are opening, the content, and closing. The dominant relation of meaning in this discourse are sinekdoke and metaphor. Most of this discourse is intended for public. The dominant message are to advise and command people. Mario Teguh uses pragmatic principles consists of speech acts, speech acts strategies, cooperative principles, and politeness principles.
Kata Kunci : Pragmatik, wacana, aspek kebahasaan, bentuk dan ungkapan wacana motivasi Mario Teguh