PERAN HOUSEKEEPING DALAM MENJAGA KEBERSIHAN DAN KERAPIAN KAMAR DI HOTEL IBIS SIMPANG LIMA SEMARANG GUNA MENINGKATKAN KEPUASAN TAMU
ANGGUN IMMA.W., Widyarini Wirjono, S.E., M.M.;GhifariYuristiadhi, S.S., M.A.;Waluyo, S.S., S.Hum.;Wikan Sakarianto, S.T., M.Sc., Ph.D
2016 | Tugas Akhir | D3 KEPARIWISATAAN SVHousekeeping merupakan departemen di sebuah hotel yang mempunyai tanggung jawab atas kebersihan, kenyamanan serta kerapian area hotel baik di dalam gedung maupun di luar gedung. Sebagai petugas yang mempunyai tanggung jawab atas kebersihan, kenyamanan serta kerapian tentunya housekeeping akan melakukan upaya pembersihan yang optimal untuk mewujudkan hal-hal tersebut, hal ini dilakukan untuk menciptakan pelayanan yang baik. Pelayanan yang baik akan mewujudkan kepuasan tamu. Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui tugas housekeeping di Hotel Ibis Simpang Lima Semarang. Selain itu Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana seorang housekeeping menjaga kebersihan dan kerapian kamar hotel. Metode pengumpulan data yang digunakan penulis dalam menyusun Tugas Akhir ini adalah observasi partisipatif dengan praktik kerja lapangan, metode wawancara, dokumentasi, serta studi pustaka. Dari penelitian tersebut terdapat beberapa tujuan yang akan dicapai oleh penulis. Hasil penelitian bertujuan untuk mengetahui peran housekeeping dalam menjaga kebersihan dan kerapian kamar di Hotel Ibis Simpang Lima Semarang. Tugas Akhir ini juga bertujuan untuk mengetahui proses pembersihan kamar sesuai dengan SOP di Hotel Ibis Simpang Lima Semarang, dan mengetahui tata cara pembersihan manual di Hotel Ibis Simpang Lima Semarang. Kata Kunci : housekeeping, tata cara make up room, Ibis hotel, Semarang
Housekeeping is a departmentat hotel which has responsibility to maintain the cleanliness and tidiness of a hotel inside or outside building. As an officer which has responbility of cleanliness and tidiness, housekeeper will do the best to ensure these things happens for the sake of customers satisfaction a good service will make customers satisfaction. This final project has an aim to determine a housekeepings role at Ibis Hotel Simpang Lima Semarang. Also this final project has an aim to determine how a housekeeper maintain a hotels room cleanliness and tidiness. Method used in this final project were participative observation by job training, interview, documentation and literature study. From the research writer has an aim to determine the role of housekeeper on maintain the cleanliness and tidyness at Ibis Hotel Simpang Lima Semarang. This final project also has an aim to determine the process of make up room according to the SOP at Ibis Hotel Simpang Lima Semarang and to determine the procedure of manual cleaning at Ibis Hotel Simpang Lima Semarang. Keywords : Housekeeping, How to clean a room, Ibis hotel, Semarang
Kata Kunci : housekeeping, how to clean a room, Ibis hotel, Semarang