Laporkan Masalah

STRATEGI PROMOSI BAKSO TIRAI BAMBU DI MASA PANDEMI MENGGUNAKAN DIGITAL MARKETING

BANYU ALIRAHMAN, Digital Marketing, SME (Small and Medium Enterprise), Sales Volume

2022 | Tugas Akhir | D3 MANAJEMEN

Tahun 2019 Indonesia mengalami situasi genting secara global dengan masuknya virus covid 19. Kondisi ekonomi menjadi kendala besar bagi perekonomi Indonesia hingga saat ini khususnya para UMKM. Dengan adanya pandemic covid 19 ini membuat UMKM harus lebih kreatif dalam mempertahankan dan manmbah konsumen, tidak terkecuali bagi UMKM Bakso Tirai Bambu. Secara signifikan dengan adanya pandemi covid 19, berdampak pada penurunan omzet dari Kedai Bakso Tirai bambu menurun derastis akibat adanya kebijakan PPKM dari pemerintah Kota Tasikmalaya. Meskipun demikian, Kedai Bakso Tirai Bambu memiliki sebuah produk kemasan bakso instant yang memiliki potensi untuk dapat bertahan di tengah situasi pandemi ini karena penjualannya secara online tidak terbatas oleh ruang dan waktu yang mana hal tersebut akan sangat sulit dikala situasi PPKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi digital marketing seperti apa yang efektif digunakan sebagai media promosi produk Bakso Tirai Bambu agar dapat meningkatkan volume penjualan dan eksistensi dibenak konsumen berdasarkan penelitian terdahulu.

In 2019 Indonesia experienced a critical situation globally with the entry of the covid 19 virus. Commonly Economic conditions have become a major obstacle for the Indonesian economy, especially SME. With the COVID-19 pandemic, MSMEs have to be more creative in maintaining and increasing consumers, including MSMEs for Bakso Tirai Bambu. Significantly, with the COVID-19 pandemic, the turnover of the Meatball Shop has decreased drastically due to the PPKM policy from Tasikmalaya government. However, Kedai Bakso Tirai Bambu has an instant meatball packaging product that has the potential to survive in the middle of this pandemic situation because online sales are not limited by space and time, which will be very difficult during the PPKM situation. This study aims to determine what kind of digital marketing strategy is effectively used as a promotional media for Bamboo Curtain Meatball products in order to increase sales volume and existence in the mind of consumers based on previous research.

Kata Kunci : Digital Marketing, UMKM, Volume Penjualan

  1. D3-2020-425990-abstract .pdf  
  2. D3-2020-425990-bibliography.pdf  
  3. D3-2022-425990-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2022-425990-title.pdf