Laporkan Masalah

Musik Indisch dalam Perspektif Poskolonial: Studi Kasus Karya Ki Hadjar Dewantara dan Constant van de Wall

MARGI ARIYANTI, Dr. phil. Vissia Ita Yulianto; Dr. Royke B. Koapaha, M.Sn

2020 | Tesis | MAGISTER PENGKAJIAN SENI PERTUNJUKAN DAN SENI RUPA

Musik Indisch adalah jenis musik yang menggunakan perpaduan idiom musik Timur dan idiom musik Barat di dalam komposisinya dan populer di zaman Hindia-Belanda. Tesis ini menganalisis komposisi musik Indisch yang digubah oleh Ki Hadjar Dewantara, seorang tokoh pendidikan dan komponis terkenal di Indonesia dan Constant van de Wall, seorang komponis Jawa-Belanda. Dengan menggunakan metode kualitatif dan dengan kerangka teori musik dan kerangka teori poskolonial, tesis ini menjawab dua pertanyaan riset: yang pertama adalah bagaimana Ki Hadjar Dewantara dan Constant van de Wall dalam membuat karya musik Indischnya ditinjau dari bentuk komposisi mereka dan yang kedua adalah bagaimana kontestasi perebutan kuasa yang terbangun dalam komposisi piano mereka dalam perspektif poskolonial. Komposisi kedua komponis tersebut menunjukkan bahwa kolonialisme Belanda di Hindia-Belanda telah menghasilkan kebudayaan campuran yang bernama kebudayaan Indisch yang telah menjadi arena kontestasi dan pertarungan kuasa bagi si penjajah dan yang terjajah. Berangkat dari titik tersebut, penulis berharap penelitian tesis ini dapat berkontribusi dalam dunia pendidikan piano di Indonesia. Pemahaman teori poskolonial di samping teori musik dan sejarah musik penting dimiliki oleh guru dan siswa piano Indonesia.

ABSTRACT Indisch Music in Postcolonial Perspective: Case Study of the Work of Ki Hadjar Dewantara and Constant van de Wall Margi Ariyanti Indisch music is a music that uses a combination of Eastern music idioms and Western music idioms in composition and popular in Dutch-East Indies era. This thesis analyses the composition of Indisch music composed by Ki Hadjar Dewantara, a well-known educational figure and composer in Indonesia and Constant van de Wall, a Javanese-Dutch composer in a postcolonial perspective. Using a qualitative method with a music theory framework and a postcolonial theory framework, this theses answers two research questions: the first is how Ki Hadjar Dewantara and Constant van de Wall in making their Indisch music works viewed in terms of their composition and the second is how the contestation of the struggle the power that is built into their piano composition in a postcolonial perspective. The composition of the two composers shows that Dutch colonialism in the Dutch East Indies has produced a mixed culture called Indisch culture which has become an arena of contestation and power struggle for the colonizers and colonized. Starting from this point, the authors hope that this thesis research contributes to the world of piano education in Indonesia. Music teacher and student of music need to understand of postcolonial theory in addition to music theory and music history. Keywords: Piano compositions, Indisch, Postcolonial, Ki Hadjar Dewantara, Constant van de Wall.

Kata Kunci : Komposisi piano, Indisch, Poskolonial, Ki Hadjar Dewantara, Constant van de Wall

  1. S2-2020-405158-abstract.pdf  
  2. S2-2020-405158-bibliography.pdf  
  3. S2-2020-405158-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2020-405158-title.pdf