Laporkan Masalah

Narasi Traumatis dalam Dora Bruder karya Patrick Modiano: Sebuah Kajian Postmemory

FAUZAN HANIF, Dr. Wening Udasmoro, S.S., M. Hum., DEA

2019 | Skripsi | S1 SASTRA PRANCIS

Skripsi ini membahas permasalahan postmemory dalam novel Dora Bruder karya Patrick Modiano. Penelitian ini mengangkat dua pertanyaan utama, yakni struktur transmisi memori yang terdapat di dalam novel beserta bentuk pemaknaan dari hasil transmisi tersebut. Berdasarkan hasil penelitian, struktur transmisi memori didominasi oleh transmisi memori afilial, didukung oleh transmisi memori familial yang berperan sebagai hinge (engsel) dalam penceritaan. Transmisi memori afilial dicontohkan melalui proses mediasi memori narator dengan surat kabar, lokasi, dan surat-surat. Selanjutnya, terdapat tiga bentuk pemaknaan dari hasil transmisi memori yang terhantarkan kepada narator. Ketiganya adalah pemaknaan diri narator terhadap lokasi yang bertransformasi menjadi signifiers of the incommensurability of return, lalu pemaknaan diri narator sebagai agen dan pelaku allo-identification, dan ditutup dengan munculnya hasrat untuk menolak kealpaan. Analisis dengan sudut pandang postmemory memberikan gambaran bahwa dalam diri generasi pewaris memori peristiwa traumatis semasif Holocaust, terdapat pelbagai hal yang dipertanyakan dan diperdebatkan, dengan tujuan untuk disingkap dan diceritakan kembali kepada khalayak.

This thesis discusses postmemory problems in the novel Dora Bruder by Patrick Modiano. This study raises two main questions, namely the structure of memory transmission contained in the novel along with the forms of meaning from the results of the transmission. Based on the results of the study, the structure of memory transmission is dominated by afilial memory transmission, supported by familial memory transmission which acts as a hinge in the telling. The transmission of afilial memory is exemplified through the process of narrator's memory mediation with newspapers, locations, and letters. Furthermore, there are three forms of meaning from the results of memory transmission delivered to the narrator. All of those are the narrator's self-meaning of the location that transforms into the signifiers of the incommensurability of return, then the narrator's self-meaning as an actor and agent of allo-identification, and ended by the emergence of a desire to reject negligence. Analysis with a postmemory point of view illustrates that for the postgenerations of the traumatic events like Holocaust, there are various questions that are questioned and debated, with the aim to be disclosed and retold to the public.

Kata Kunci : postmemory, transmisi memori, pemaknaan transmisi memori

  1. S1-2019-384073-abstract.pdf  
  2. S1-2019-384073-bibliography.pdf  
  3. S1-2019-384073-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2019-384073-title.pdf