Laporkan Masalah

Strategi Pemasaran Toko Chemany Second Di Yogyakarta Ditinjau Dari Prinsip Integritas Moral Dalam Etika Bisnis

Ruvelintang Cahya Adi Mahenda, Prof. Dr. Lasiyo, MA., M.M

2019 | Skripsi | S1 FILSAFAT

Penelitian ini berjudul Strategi Pemasaran Toko Chemany Di Yogyakarta Second Ditinjau Dari Prinsip Integritas Moral Dalam Etika Bisnis. Penelitian ini berobjek material toko Chemany Second dan dianalisis menggunakan prinsip integritas moral dalam etika bisnis. Chemany Second merupakan toko yang menjual pakaian bekas impor di Yogyakarta. Pola konsumsi pakaian bekas impor di Yogyakarta yang terkenal dengan sebutan kota pelajar terbentuk seiring dengan perkembangan tren fashion. Mahalnya harga pakaian baru yang berkualitas akan mempengaruhi minat beli masyarakat, khususnya para remaja yang ingin terlihat fashionable. Tujuan dari penelitian adalah berusaha menganalisa strategi pemasaran toko Chemany Second, menjelaskan dan memahami prinsip integritas moral, serta menjelaskan tinjauan prinsip integritas moral terhadap strategi pemasaran toko Chemany Second. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara dan diperkuat dengan kajian pustaka. Metode penelitian yang digunakan sebagai alat untuk menganalisis data yaitu pengumpulan data, interpretasi, holistika dan heuristika. Penggunaan metode tersebut didasarkan atas permasalahan yang ada dan sebagai alat untuk mencari jawaban atas pertanyaan penelitian. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, strategi pemasaran toko Chemany Second Yogyakarta telah memposisikan konsumen sebagai prioritas utama dan berhasil mendapatkan kepercayaan dan loyalitas dari konsumen. Kedua, ditinjau dari prinsip integritas moral, pemilik usaha toko Chemany Second telah mengabaikan tanggung jawab moral dan legal terhadap produk yang dijualnya. Tindakan yang dilakukan pemilik usaha Chemany Second merupakan tindakan yang melanggar hukum dan berpotensi membawa dampak buruk bagi citra, reputasi dan kelangsungan usaha Chemany Second di Yogyakarta, sebab produk yang dijualnya merupakan produk ilegal.

This research is entitled Marketing Strategy of the Second Chemany Toko Viewed From the Principles of Moral Integrity in Business Ethics. The material object of this study was the Chemany Second toko and analyzed using the principle of moral integrity in business ethics. Chemany Second is an toko that sells imported used clothes in Yogyakarta. The pattern of consumption of imported used clothes in Yogyakarta, which is famous as a student city, is formed along with the development of fashion trends. The high price of quality new clothes will affect people's buying interest, especially teenagers who want to look fashionable. The purpose of the research is to try to analyze the marketing strategies of Chemany Second tokos, explain and understand the principles of moral integrity, and explain the review of the principles of moral integrity towards the marketing strategy of Chemany Second tokos. This type of research is qualitative research with data collection techniques through observation and interviews and reinforced by literature review. The research method used as a tool to analyze data is data collection, interpretation, holistic and heuristic. The use of the method is based on existing problems and as a tool to find answers to research questions. The results achieved in this study indicate that: first, the marketing strategy of the Second Chemany shop in Yogyakarta has positioned consumers as a top priority and has succeeded in gaining trust and loyalty from consumers. Second, in terms of the principle of moral integrity, the business owner of the Chemany Second store has ignored the moral and legal responsibility for the products they sell. The actions taken by the Chemany Second business owner are illegal and have the potential to adversely affect the image, reputation and sustainability of the Chemany Second business in Yogyakarta, because the products they sell are illegal.

Kata Kunci : Prinsip Integritas Moral, Etika Bisnis, Strategi Pemasaran, Pakaian Bekas Impor, Chemany Second

  1. S1-2019-377500-abstract.pdf  
  2. S1-2019-377500-bibliography.pdf  
  3. S1-2019-377500-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2019-377500-title.pdf