Laporkan Masalah

Employee Volunteer Program Sebagai Strategi Bisnis Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Studi Trakindo Volunteer Mengajar di PT. Trakindo Utama)

REIKI NAULI HARAHAP, Prof. Dr. Susestiawan, S.U

2018 | Tesis | MAGISTER PEMBANGUNAN SOSIAL DAN KESEJAHTERAAN

Employee Volunteer Program merupakan hasil dari perdebatan wacana tanggung jawab sosial perusahaan. Selama ini aktivitas kesukarelawanan merupakan ranah private individu dan pengelolaan aktivitas kesukarelawanan merupakan fungsi dari organisasi sosial kemasyarakatan. Kehadiran perusahaan sebagai aktor baru dalam aktivitas kesukarelawanan menimbulkan pertanyaan mengingat fungsi perusahaan adalah sebuah organisasi bisnis yang berorientasi pada keuntungan ekonomi. Penelitian ini menguraikan makna dan motif dibalik pelaksanaan aktivitas kesukarelawanan karyawan yang difasilitasi oleh perusahaan dan bagaimana implementasi kegiatan employee volunteer program sebagai bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan di PT. Trakindo Utama. Working framework tulisan ini berangkat dari pengembangan teori planned behavior oleh Roza yang telah dikontekstualisasikan ke dalam studi keorganisasian, mengingat titik tekan penelitian ini ditujukan kepada perusahaan sebagai sebuah organisasi bisnis yang mengelola kegiatan kesukarelawanan bukan karyawan sebagai sukarelawan. Subjek penelitian ini adalah aktivitas kesukarelawanan yang difasilitasi oleh perusahaan. Konsep-konsep yang masih berkaitan penulis gunakan untuk melengkapi pemikiran Roza tersebut diantaranya konsep volunteerism, corporate social responsibility initiatives dan employee volunteer program. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan Departemen Corporate Communication and CSR PT. Trakindo Utama sebagai unit analisis penelitian. Temuan dari penelitian ini adalah Trakindo Volunteer Mengajar merupakan sebuah strategi bisnis. Fungsi Trakindo Volunteer Mengajar untuk meningkatkan engagement karyawan di internal perusahaan sedangkan pemberdayaan masyarakat merupakan fungsi sekunder. Sebagai sebuah strategi bisnis, Trakindo Volunteer Mengajar sekaligus menjadi alat branding dan marketing yang telah membantu PT. Trakindo Utama menciptakan citra positif sebagai perusahaan yang bertanggung jawab sosial dan lingkungan. Hal lain yang perlu penulis sampaikan adalah Trakindo Volunteer Mengajar membantu perusahaan mengarusutamakan tanggung jawab sosial perusahaan ke berbagai pemangku kepentingan melalui aktivitas kemitraan (karyawan, konsumen, organisasi sosial) di dalamnya dan sebagai sebuah program tambahan untuk melengkapi komitmen sosial perusahaan.

The Employee Volunteer Program was born because of the debate on corporate social responsibility. A long time ago volunteerism activities were private individual space and the management of volunteer activities as a function of community social organizations. Nowadays, the company as a new actor in volunteer activities raises questions because the function of the company is to maximizing profit. This study describes the meaning and motives behind the implementation of an employee volunteer program facilitated by the company and how the implementation of employee volunteer program activities as part of corporate social responsibility at PT. Trakindo Utama. The working framework of this article based on the theory development of Roza's planned behavior which has been contextualized into organizational studies, the focus of this research is on companies as a business organization that manages volunteer activities rather than employees as volunteers. The subject of this study was volunteer activity facilitated by the company. The author uses the concepts that related to Roza's thinking include the concept of volunteerism, corporate social responsibility initiatives, and employee volunteer program. This study method is descriptive qualitative and the Department of Corporate Communication and CSR of PT. Trakindo Utama as a research analysis unit. The result of this study is Trakindo Volunteer Mengajar as a business strategy. The function of Trakindo Volunteer Mengajar is to improve employee engagement in the company's internal and community empowerment is a secondary function. As a business strategy, Trakindo Volunteer Mengajar is also a tool for branding and marketing that has helped PT. Trakindo Utama creates a positive image as a socially and environmentally responsible company. Trakindo Volunteer Mengajar helps companies to mainstream corporate social responsibility to others stakeholders through partnership activities (employees, consumers, social organizations) in it and as an additional program to complement the company's social commitment

Kata Kunci : tanggung jawab sosial perusahaan, volunterisme, karyawan, strategi bisnis

  1. S2-2018-404188-abstract.pdf  
  2. S2-2018-404188-bibliography.pdf  
  3. S2-2018-404188-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2018-404188-title.pdf