Survei Perilaku Media Sosial One True Pairing Shipper Dalam Fandom Kpop
BONDAN TRI HADI MAGETIAN, Pulung Setiosuci Perbawani, S.I.P., M.M.
2017 | Skripsi | S1 ILMU KOMUNIKASIFans digolongkan ke dalam beberapa jenis, salah satunya shipper. Shipper adalah mereka yang memasangkan idola mereka dalam suatu hubungan yang romantis. Shipping adalah budaya populer dalam fandom kpop, mereka memasangkan idol baik dengan idol dari band lain atau dalam satu band yang sama. Lucunya, mereka menunjukkan dukungan mereka melalui media sosial. Melalui survei yang dilakukan terhadap 400 responden yang merupakan shipper dari anggota group band kpop, dapat dilihat bagaimana kecederungan yang ada. Tingkat fanatisme pada level tertentu mempengaruhi perilaku mereka bermedia sosial. Selain itu, perilaku anti yang mereka tunjukkan juga mendasari interaksi mereka di media sosial. Shipper tidak hanya mengonsumsi konten shipping, melainkan juga memproduksi sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Keterlibatan mereka yang semakin dalam, kemudian memicu mereka memaknai pairing yang mereka sukai sebagai hal yang nyata, bukan sebatas konten media. Hal inilah yang kemudian menciptakan suasana flaming di media sosial yang terjadi antar shipper untuk menunjukkan siapa yang layak untuk mempertahankan pairing yang disukai.
There are several types of fans, one of them is called shipper. Shipper are those who pair their idol in a romantic relationship. Shipping is a popular culture in the kpop fandom, they pair their idol with idol from another band or in the same band. The funny thing is they even show their support through social media. Through a survey of 400 respondents who are shippers of kpop group's member, it can be seen how the tendency is going. The certain level of fanaticism affects their behaviour in social media. Beside, their anti behaviour that they showed also underlied their interaction in social media. Shippers are not only consuming, but also producing contents according to what they want. Their involvement which is getting deeper, trigger them to interpret their favorite pairing as a real thing, not merely as media contents. This creates a flaming atmosphere in social media between shippers to show which ship should sail and which one is sinking.
Kata Kunci : fanatism, kpop, shipping culture, OTP, social media behaviour