Laporkan Masalah

Celebrity Philanthropy dan Brand Image (Survei Pengaruh Crowdfunding dalam Kitabisa.com terhadap Brand Image Luna Maya)

ALYA KARAMINA ALVEN, Lidwina Mutia Sadasri, SIP. MA.

2018 | Skripsi | S1 ILMU KOMUNIKASI

Fenomena penggalangan dana melalui platform Kitabisa.com belakangan ini menjadi sorotan netizen karena banyaknya selebriti, organisasi, perusahaan dan perorangan lainnya yang ikut melakukan penggalangan dana melalui platform tersebut. Crowdfunding adalah suatu cara pengumpulan dana untuk sebuah proyek tertentu di mana penggalang dana mengumpulkan sejumlah uang dari sejumlah orang yang dilakukan secara online. Belakangan ini banyak selebriti mulai dari artis, model, social media influencer dan orang terkenal lainnya di Indonesia yang melakukan crowdfunding melalui platform Kitabisa. Ketika seorang selebriti melakukan kegiatan filantropi, selalu ada garis yang menghubungkan ketenaran seorang selebriti dengan filantropi yang dilakukan. Hubungan tersebut tentunya menimbulkan sebuah perhatian khusus karena filantropi bisa saja dilakukan untuk meningkatkan image dari seorang selebriti atau merupakan sebuah representasi dari orang-orang yang tersentuh dari filantropi tersebut. Oleh karena itu kegiatan crowdfunding dan brand image merupakan dua konsep yang menarik untuk diteliti dan dilihat pengaruhnya terhadap brand image Luna Maya sebagai seorang selebriti yang melakukan kegiatan crowdfunding. Melalui survei terhadap 400 responden yang merupakan likers akun Instagram Luna Maya, Penelitian ini menjelaskan bagaimana hubungan kegiatan crowdfunding yang dilakukan Luna Maya dalam mempengaruhi brand image Luna Maya sebagai seorang selebriti. Hubungan praktik crowdfunding sebagai variabel independen dan brand image Luna maya sebagai variabel dependen dalam penelitian ini memperlihatkan pengaruh yang diberikan oleh crowdfunding terhadap pembentukkan brand image Luna Maya tergolong positif dan sangat kuat.

Crowdfunding phenomenon through Kitabisa.com has been popular in Indonesia, many organizations, celebrities, company, and individuals participate in crowdfunding as a fundraiser in Kitabisa. Crowdfunding is the practice of funding a project or venture by raising small amounts of money from large number of people, typically from internet. Kitabisa is a platform that connect those who do good work with those who want to support them. Donors can search for projects to support by location or type of work done. Recently, many celebrities such as actress, social media influencer, blogger, and other famous people in Indonesia doing crodwfunding in that platform. There has always been a fine line connecting the relationship between celebrity and philanthropy, and the approach take by celebrities, past and present, in walking this line, is clearly a critical one, both for their own image and for that true representation of the people who are touched by their philanthropy. Therefore, crowdfunding and brand image are two interesting concept to be discussed and evaluated the effect toward Luna Maya brand image�s, celebrity who did the crowdfunding. Through a survey that is conducted with 400 respondents who are Luna Mayas�s Instagram Likers, this research shows the relationship between crowdfunding� practice and Luna Maya�s Brand Image as a celebrity. Crowdfunding as an independent variable and brand image as a dependent variable shows that there are a positive and strong relationship between crowdfunding and Luna Maya Brand Image.

Kata Kunci : Kata kunci: Crowdfunding, Brand Image, Filantrofi, Selebriti

  1. S1-2018-369535-abstract.pdf  
  2. S1-2018-369535-bibliography.pdf  
  3. S1-2018-369535-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2018-369535-title.pdf