ESTETIKA DAN FILOSOFI UNIFORM KARYAWAN HOTEL NOVOTEL YOGYAKARTA DALAM PERSPEKTIF HOSPITALITY
ARBY ASROFIE, Cerry Surya Pradana, S.S., M.Sc. ; Arina Pramusita, S.I.P., M.Si
2016 | Tugas Akhir | D3 KEPARIWISATAAN SVYogyakarta sebagai salah satu dari sekian banyak kota tujuan wisata yang ada di Indonesia memiliki berbagai jenis akomodasi. Salah satu akomodasi tempat untuk menginap di Yogyakarta adalah Hotel Novotel Yogyakarta yang mempunyai fasilitas pelayanan setara dengan hotel berbintang lima (*****). Keramah-tamahan serta pelayanan kepada tamu yang prima menjadi pusat perhatian bagi bidang akomodasi seperti Hotel Novotel Yogyakarta. Perkembangan yang sangat moderen membuat wisatawan memperhatikan kualitas pelayanan. HRD mempunyai tugas untuk menciptakan uniform sebagai identitas di sebuah perusahaan atau perhotelan. HRD juga wajib memberikan filosofidan estetika kepada semua karyawan yang mengenakan pakaian Hotel Novotel Yogyakarta. Tugas Akhir ini bertujuan untuk melihat arti penting uniform yang digunakan oleh semua karyawan Hotel Novotel Yogyakarta yang bersangkutan dengan standar kualitas pelayanan bagi tamu atau pelanggan yang menginap di Hotel Novotel Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan dengan metode pengumpulan data, pengolahan data, kemudian ditarik kesimpulan untuk menjawab persoalan yang terdapat pada rumusan masalah. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah Hotel Novotel Yogyakarta masih perlu melakukan pembenahan pada SOP yang sudah ada dan memahami arti atau filosofi yang ada pada uniform yang dikenakan oleh karyawan untuk menunjang kualitas pelayanan kepada tamu.
Yogyakarta is the one of famous destinations city to visit in Indonesia which have several accommodation. One of accommodation that provide is place to stay in Yogyakarta, Novotel Hotel Yogyakarta which have services facility with five star hotel services(*****). Friendly staff and good services to the guest become the center for field accommodation as Novotel Hotel Yogyakarta. A modern developments that makes the tourist pay attention for the quality of services. HRD having duties to create uniform as identity in a firm or hospitality. HRD are to offer a filosofidan aesthetic to all employees who wears clothes Hotel Novotel Yogyakarta . This final paper aims to significance the uniform used by all employees of Novotel Hotel Yogyakarta which is concerned on with the standards of quality services for guests. This research was conducted with methods of data collection, data processing, and gathered all of the conclusion to answer the question of the formulation of the problem. The conclusion that can be drawn from this research is Novotel Hotel Yogyakarta still had to make improvements on existing SOP and understanding the meaning of philosophy on the uniform wear by employees in order to support the quality of services to the guest.
Kata Kunci : Filosofis, estetik, uniform, Novotel Yogyakarta