Analisis Strategi Pemasaran Pertalite PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region II - Sumbagsel
WAHYU DWI LESTARI, Suwardi, PH.,M.M
2016 | Tugas Akhir | D3 MANAJEMEN SVPT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region II Sumbagsel adalah suatu unit bisnis dari Pertamina yang mempunyai tugas untuk melakukan pemasaran produk Bahan Bakar Minyak di daerah Sumatera Bagian Selatan. Dalam melakukan proses bisnisnya dan mengemban tugasnya yaitu memasarkan BBM di wilayah Sumatera Bagian Selatan PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region II melakukan beberapa strategi untuk tetap bisa bertahan di pasar, salah satunya adalah melalui strategi pemasaran. Pertalite adalah salah satu jenis BBM terbaru yang dikeluarkan oleh Pertamina dan saat ini menjadi fokus utama PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region II Sumbagsel dalam pemasarannya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penerapan strategi pemasaran Pertalite yang dilakukan olehPT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region II Sumbagsel. Analisa pemasaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa STP (segmenting, targeting, dan positioning), dan bauran pemasaran (marketing mix)4P. Segmentasi pasar yang digunakan oleh PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region II Sumbagsel untuk produk Pertalite ini adalah segmentasi geografi, demografi dan perilaku. Target pasar dari Pertalite di wilayah Sumbagsel adalah masyarakat kelas menengah. Pertalite diposisikan sebagai BBM berkualitas di atas Premium dengan harga yang lebih murah dari Pertamax. Analisa bauran pemasaran (marketing mix) 4P yang digunakan adalah (product, price, place, and promotion)
PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region II Sumbagsel is one of Pertamina’s Business unit which has responsibility to market fuel in South of Sumatera. In conducting its business processes and carry out its dutiesto market fuel in South of Sumatera, PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region II use some strategies to survive in the market. One of strategy that is used by PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region II is marketing strategy.Pertalite is the newest types of fuel issued by Pertamina and currently is the main focus PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region II in marketing. This research was conducted to determine the application Pertalite’s marketing strategy undertaken by PT Pertamina (Persero) Marketing Operations Region II Sumbagsel. Marketing analysis that is used in this research is the analysis of STP (segmenting, targeting and positioning), and marketing mix (4P). Market segmentation is used by PT Pertamina (Persero) Marketing Operations Region II Sumbagsel for Pertalite product segmentation are geographic, demographic and behavioral. The target market of Pertalite in Sumbagsel region are middle-class society. Pertalite is positioned as above Premium quality fuels at a price that is cheaper than Pertamax. Analysis of the marketing mix is used 4P (product, price, place, and promotion)
Kata Kunci : Strategy, Marketing, Business Process, Responsibility, South of Sumatera, STP (segmenting, targeting, and positioning), andmarketing mix (4P)