STRATEGI PEMASARAN KAWASAN LEMBAH HARAU OLEH DINAS KEBUDAYAAN PARIWISATA PEMUDA DAN OLAHRAGA KABUPATEN LIMA PULUH KOTA PROVINSI SUMATERA BARAT
ELMA DIAN SAFITRI, Prof.Dr.Marsono,S.U. ; Widyarini Wirjono, S.E., M.M.
2016 | Skripsi | S1 PARIWISATAKawasan Lembah Harau merupakan salah satu objek wisata alam di Kabupaten Lima Puluh Kota yang terletak di Kecamatan Harau. Objek wisata Lembah Harau memiliki konsep sebagai daerah tujuan wisata keluarga, sehingga objek wisata ini dapat diakses olehberbagai kalangan usia yang dapat menikmati kenyamanan dan hiburan yang adadi objek wisata ini. Penelitian ini akan mengkaji tentang (1) produk wisata yang terdapat di kawasan Lembah Harau, (2) strategi bauran pemasaran yang dilakukan oleh Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lima Puluh Kota sehingga menjadikan Lembah Harau sebagai daya tarik wisata di Kabupaten Lima Puluh Kota. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan untuk penelitian ini antara lain wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan bauran pemasaran 7p yaitu product, price, place, promotion, people, physical evidence, dan process. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa : (1) Kawasan Lembah Harau memiliki beberapa produk wisata dilihat dari atraksi, aksesibilitas, amenitas, dan pelayanan tambahan (2) Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lima Puluh Kota telah melakukan strategi dengan menggunakan bauran pemasaran 7p untuk memasarkan kawasan Lembah Harau, tetapi masih harus diperbaiki.
Lembah Harau area is one of nature tourism object is situated in Harau Sub-district, Lima Puluh Kota Regency. Lembah Harau has a concept as family tourism destination, therefore this tourism object can accessed by all age groups that can enjoy the freshment and amusement that exist in this tourism object. This research will explains about (1) the tourism product which exist in Lembah Harau area, (2) Identify the mix marketing strategy which is done by the Departement of Culture, Tourism, Youth and Sport Lima Puluh Kota Regency which makes Lembah Harau area as one of the tourism attractions in Lima Puluh Kota Regency. This research is a qualitative study. Some methods that used in this research are interview, observation, documentation, and literature study. The analysis technique that used are the descriptive analysis and 7P mix marketing that consist of product, price, place, promotion, people, physical evidence, dan process. The result of the resesarch shows that (1) Lembah Harau area has several tourism products which are seen from attraction, access, amenities, and ancillary services, (2) the Departement of Culture, Tourism, Youth and Sport Lima Puluh Kota Regency has done the marketing strategy by using 7P mix marketing to market Lembah Harau area but there are some improvement that needed on the system.
Kata Kunci : Kawasan Lembah Harau, bauran pemasaran, dan Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lima Puluh Kota.