POLITIK MEMBANGUN WARISAN BUDAYA BANGSA INDONESIA SEBAGAI NATION BRAND (Studi Kasus: Batik Sebagai Brand dan Identitas Indonesia)
LUTFI MAULANA HAKIM, Dr. Maharani Hapsari, M.A.
2016 | Tesis | S2 Ilmu Hubungan InternasionalTesis ini bertujuan menganalisis upaya pemerintah Indonesia dalam membangun warisan budaya bangsa sebagai nation brand. Pada penelitian ini dijelaskan bagaimana proses pemerintah Indonesia membangun membangun nation brand dengan memanfaatkan batik ssebagai brand Negara. Pemanfaatan batik sebagai nation brand diharapkan dapat menjadi brand dan identitas negara yang diakui sebagai warsian budaya dunia tak benda oleh UNESCO dan masyarakat Internasional. Pada empat proses tahapan pembangunan nation brand (training, identification, implementation, evaluation) Indonesia berhasil menerapkan proses tersebut, yang menjadikan batik sebagai brand dan idenitas bangsa Indonesia. Keberhasilan pembangunan nation brand yang dibangun pemerintah Indonesia adalah meningkatkan citra Indonesia di mata internasional, meningkatkan kebanggaan Indonesia, mendapatkan perhatian badan internasional, meningkatkan promosi pariwisata, meningkatkan kesejahteraan rakyat. Kelima keberhasilan pemerintah inilah yang menjadi keuntungan Indonesia dalam memanfaatkan batik sebagai brand dan identitas negara.
This thesis was aimed to analyze Indonesian government effort in building Indonesian cultural heritage as a nation brand. This research explained about the process of Indonesian government in building nation brand by utilizing Batik as a Nation Brand. The utilization of Batik as a nation brand was hoped to create nation brand and identity which was declared as world class non-physical cultural heritage by UNESCO and also international society. There are four steps in developing nation brand (training, identification, implementation, and evaluation). Indonesia applied those stepping processes which made Batik as a Indonesian brand and identity. Success of this nation brand building by Indonesian government caused increasing image of Indonesia in the International scope, increasing Indonesian pride, getting awareness from international organization, increasing of tourism promotion, and increasing people���¢�¯�¿�½�¯�¿�½s prosperity. Those five governmental successes could be the Indonesian advantage to utilizing Batik as a nation brand and identity.
Kata Kunci : batik, nation brand dan identitas Indoensia, proses tahapan, UNESCO