Laporkan Masalah

ANALISIS FAKTOR TEKNIS, PERILAKU, DAN INTERAKSI SOSIAL TERHADAP ADOPSI LAYANAN PEMBAYARAN MOBILE (MOBILE PAYMENT SYSTEM)

INDROPRASTO, Syaiful Ali, MIS., Ph.D., Ak., CA.

2016 | Tesis | S2 Manajemen

Pada saat ini teknologi informasi semakin berkembang dengan pesat. Teknologi informasi menjadi semakin dekat dan memudahkan pengguna. Salah satu teknologi yang saat ini sedang berkembang adalah metode pembayaran dengan mobile (M-Payment). Dahulu orang melakukan pembayaran secara fisik menggunakan uang, tetapi dengan berkembangnya teknologi informasi hal tersebut telah berubah. Sebagian orang yang sangat dekat dengan teknologi akan memanfaatkan hal tersebut sebagai cara pembayaran baru, namun sebagian orang masih belum menggunakan cara pembayaran baru tersebut. Berdasarkan hal tersebut peneliti mencoba untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi adopsi M-Payment di Indonesia. Peneliti mencoba untuk menggunakan model penelitian sebelumnya dari Keramati et al., dan menambahkan satu faktor penelitian dari Lockett dan Littler. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah survei dan terkumpul 339 responden. Setelah data terkumpul dilakukan analisis deskriptif dari demografi dan budaya. Setelah itu dilakukan analisis terhadap masing-masing karakteristik demografi terhadap faktor-faktor adopsi menggunakan ANOVA dan MANOVA. Kemudian dianalisis perbedaan sudut pandang antara pengadopsi aktif dan potensial. Pada tahap akhir dilihat kesesuaian kondisi dari masing-masing faktor adopsi. Dari hasil analisis tersebut didapatkan bahwa dari masing-masing karakteristik demografi memiliki pengaruh yang berbeda-beda terhadap faktor-faktor adopsi, pengadopsi aktif dan potensial tidak begitu memiliki perbedaan sudut pandang, dan hanya dua faktor yang tidak memiliki kesusaian kondisi.

Today information technology is growing rapidly. Information technology is getting closer and easier for user. One of technology that is currently growing is mobile payment system (M-Payment). In the past people did payment use money, but in the information technology era that has changed. People that close to technology will use this as new payment method, but some people still not use this new payment method. Based on that statement, researcher try to know factors that affecting adoption M-Payment in Indonesia. This research use model from previous studies from Keramati et al., and added one factor from Lockett and Littler. Survey is used to collect the data, as a result 339 respondents are gathered. At first descriptive analysis will perform on the demographic and cultural factors. After that to find out the impact of dmographic characteristics on the adoption factors use ANOVA and MANOVA analysis. Then analysis the differences viewpoints between active adopters and potential adopters. At the end analysis the fit condition of each factors adoption. From this analysis found that each demographics characteristics have different effect on the factors adoption, active adopters and potential adopters have no different point of view, and only two factors that not in suitable condition.

Kata Kunci : M-Payment, Adopsi, Faktor Teknis, Faktor Perilaku, Faktor Interaksi Sosial

  1. S2-2016-360494-abstract.pdf  
  2. S2-2016-360494-bibliography.pdf  
  3. S2-2016-360494-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2016-360494-title.pdf