Laporkan Masalah

Model Bisnis Make-A-Wish Birthday Party Planner

AUDITIA SETIOBUDI, Nurul Indarti, Sivilokonom. Cand. Merc., Ph D.

2016 | Tesis | S2 Manajemen

Kalangan kelas menengah di Indonesia terus meningkat setiap tahunnya. Peningkatan ini menunjukkan bahwa tingkat pendidikan menjadi lebih baik dan kemiskinan berkurang. Seiring dengan hal ini, kebutuhan masyarakat menjadi beragam, salah satunya adalah kebutuhan hiburan. Adanya kebutuhan ini menciptakan suatu peluang usaha yaitu Event Organizer (EO) dengan jenis yang beragam. Perayaan ulang tahun merupakan salah satu bentuk hiburan yang saat ini semakin banyak dicari. EO perayaan ulang tahun pada umumnya melayani satu atau dua kalangan usia saja. Maka perlu adanya konsep baru EO perayaan ulang tahun untuk segala umur dan perayaan hari jadi (anniversary), yaitu Make-A-Wish Birthday Planner Party. Model bisnis adalah rasionalitas sebuah organisasi dibuat, dijalankan dan menciptakan nilai. Model bisnis terdiri dari sembilan komponen dan dirangkai dalam sebuah kanvas sehingga didapat gambaran dari suatu bisnis. Perancangan model bisnis Make-A-Wish Birthday Party Planner dilakukan melalui beberapa penelitian berupa wawancara kepada pelaku bisnis Adorble Party Planner, survei kepada tiga puluh calon pelanggan potensial serta diskusi pada dua puluh calon pelanggan potensial. Make-A-Wish Birthday Party Planner menyasar segmen eksekutif muda di kalangan menengah ke atas dengan usia dua puluh tahun ke atas yang tinggal di Yogyakarta. Nilai yang ditawarkan Make-A-Wish Birthday Party Planner adalah kostumisasi kebaruan ide dan konsep pesta. Komponen lain model bisnis Make-A-Wish Birthday Party Planner dijelaskan dalam model bisnis kanvas.

Middle class group in Indonesia continuously increase every year. This increasing number shows that the level of education getting better and the poverty reduced. Along with this issue, the society needs to be diverse and one of those needs is the need of entertainment. This kind of need creates an Event Organizer (EO) business opportunity with various types. The birthday celebration is one kind of entertainment that mostly wanted nowadays. Event Organizer (EO) for birthday celebration generally just serves one or two groups of ages. Make-A-Wish Birthday Party Planner is the answer to full fill the need for a new concept birthday celebration for all ages and anniversary celebrations. The business model is rationality of an organization to create, run and create value. The business model consists of nine components and assembled in a canvas in order to get an overview of a business. The business model design of Make-A-Wish Birthday Party Planner done through some form of interview research with Adorable Party Planner; survey with thirty potential customers; and discussions with twenty potential customers. Make-A-Wish Birthday Party Planner�s segment is young executive in middle up class group on the age more than twenty years old that live in Yogyakarta. Make-A-Wish Birthday Party Planner offered a customization value of the idea and concept to the party. The other components of business model were described into the canvas business model.

Kata Kunci : Event Organizer, Model Bisnis, Model Bisnis Kanvas, Komponen Model Bisnis

  1. S2-2016-360528-abstract.pdf  
  2. S2-2016-360528-bibliography.pdf  
  3. S2-2016-360528-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2016-360528-title.pdf