VARIASI JENIS, BENTUK, DAN MAKNA RAGAM HIAS PADA KELENTENG POO AN KIONG, SURAKARTA, JAWA TENGAH
FRANSISCA ADVENTA A. A., Jujun Kurniawan, S.S., M.A.
2016 | Skripsi | S1 ARKEOLOGIPenelitian ini membahas mengenai Kelenteng Poo An Kiong, yang berada di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Ragam hias merupakan salah satu komponen arsitektur yang mempunyai nilai penting. Begitu pula halnya di dalam ragam hias bangunan Cina, khususnya kelenteng. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah apa saja bentuk dan variasi ragam hias, serta makna yang terkandung pada ragam hias di Kelenteng Poo An Kiong. Tujuan dari penelitian ini selain untuk mengklasifikasikan variasi dari ragam hias yang terdapat di Kelenteng Poo An Kiong, juga untuk mengetahui konsep pemikiran masyarakat Cina yang direpresentasikan dalam ragam hias kelenteng. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan penalaran induktif. Analisis dilakukan dengan cara menjelaskan makna yang terkandung dari masing-masing kelompok ragam hias. Data diperoleh dengan melakukan observasi di lapangan, wawancara, dan studi pustaka. Dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa ragam hias yang ada pada kelenteng ini terdiri delapan, yang meliputi flora, fauna, hewan mitos, benda, geometris, figur, inskripsi cina, dan unsur alam. Sedangkan makna ragam hias yang ada di Kelenteng Poo An Kiong, dapat dibagi menjadi empat yaitu hal yang bersifat baik, makna filosofis, makna simbolis, dan sebagai mediator.
This research focuses on ornamentation in Poo An Kiong Temple which is located in Surakarta, Central Java. Ornament is one of the most important value in the architecture components as well as of Chinese buildings, especially the temples. The focal point of this research is to explore shapes, variations, and meaning of ornaments in Poo An Kiong Temple. This research aims to categorise variations of ornaments in Poo An Kiong Temple and also to analyse Chinese notion which is represented on the ornamentation in the temple. The author uses inductive reasoning methods for this descriptive research. Analysis is conducted by describing the meaning from each ornaments group. Data is obtained by doing field observation, interviews, and literature reviews. Conclusion from this research is the ornaments in Poo An Kiong Temple consist of eight types such as flora, fauna, mythical animals, objects, geometric, figurative, Chinese inscriptions, and elements of nature. The meaning of ornamentation in Poo An Kiong Temple can be classified into four characteristics such as righteousness, philosophical, symbolic, and as mediator.
Kata Kunci : Surakarta, kelenteng, ragam hias, Cina, temple, ornaments, Chinese