Laporkan Masalah

KARAKTERISTIK KOMPONEN PENYUSUN HARGA JUAL JASA BERDASARKAN LOVELOCK SERVICE CLASSIFICATION

ADRIAN LEO HADIPRADATA, Andi Sudiarso S.T., M.T., M.Sc., Ph.D.

2015 | Skripsi | S1 TEKNIK INDUSTRI

INTISARI Dalam usaha bidang jasa dibutuhkan sebuah cara dalam penentuan harga jual suatu produk dengan menggunakan pendekatan yang tepat. Dikarenakan penentuan harga yang tepat berpengaruh besar terhadap keberhasilan produk jasa tersebut di pasaran dan mempengaruhi produk tersebut dapat diterima dengan baik oleh konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk dapat memberikan analisis penentuan harga jual suatu produk jasa dan karakteristik setiap jasa berdasarkan pengelompokan Lovelock baik jasa tersebut tangible, intangible, berhubungan dengan manusia ataupun barang. Data yang digunakan pada penelitian ini diambil dari berbagai macam jenis jasa di Yogyakarta pada tahun 2014-2015. Tahap-tahap penelitian adalah peninjauan jasa yang telah ada saat ini, pengumpulan data, pengolahan data, analisis program linier, analisis karakteristik tiap, dan pengambilan kesimpulan. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan normalisasi terhadap berbagai sektor lalu dibandingkan dengan data yang sudah ada. Dari perhitungan tersebut lalu diubah menjadi formulasi dalam bentuk program linier sehingga dapat diketahui pola penentuan harga jual pada tiap kelompok. Setelah itu dilakukan analisis karakteristik harga jual tiap jenis jasa berdasarkan kelompoknya lalu dibandingkan dengan jenis jasa dari kelompok lain. Dari analisis tersebut maka didapatkan sebuah pola yang dapat mempermudah penentuan harga jual jasa ke depannya berdasarkan kelompok jasa tersebut. Kata kunci: Jasa, Lovelock service classification, harga jual, karakteristik harga.

In the business services sector needed a way of determining the selling price of a product by using the right approach. Due to the determination of the right price greatly affect the success of the service product on the market and affect the product was well received by consumers. This study aims to provide analysis determining the selling price of a product or service and the characteristics of each service based grouping Lovelock both services are tangible, intangible, associated with humans or goods. The data used in this study were taken from the various types of services in Yogyakarta in 2014-2015. Stages of the study is a review of the services that already exist today, data collection, data processing, analysis of linear programming, analysis of the characteristics of each, and making conclusions. Processing of the data in this study using a normalization of the various sectors and then compared with existing data. From these calculations then converted into formulations in the form of a linear program that can be known pattern of determining the selling price of each group. After analyzing the characteristics of the sales price of each type of service based on the group and then compared with the kind of service from other groups. From the analysis, it found a pattern that can facilitate the determination of the selling price of the service in the future based on the service group. Keywords: Service, Lovelock service classification, the selling price, the characteristics of the price.

Kata Kunci : Jasa, Lovelock service classification, harga jual, karakteristik harga.

  1. S1-2015-281422-abstract.pdf  
  2. S1-2015-281422-bibliography.pdf  
  3. S1-2015-281422-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2015-281422-title.pdf