Akustik Panggung untuk Pertunjukan Orkestra di Grha Sabha Pramana
TIMOTIUS ARISTYO H, Sentagi Sesotya Utami S.T., M.Sc., Ph.D.; Ir. R. Sugeng Joko Sarwono M.T., Ph.D.
2015 | Skripsi | S1 TEKNIK FISIKAPanggung merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah auditorium terlebih untuk pertunjukkan orkestra. Dikatakan penting karena di atas panggung terdapat sumber suara yang akan didengarkan oleh pemain orkestra lainnya maupun yang akan didengarkan oleh penonton. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana kondisi akustik panggung di Grha Sabha Pramana. Metode yang digunakan untuk mengetahui kondisi akustik di panggung Grha Sabha Pramana adalah pengambilan data respon impuls dan dari sana dapat diketahui nilai parameter akustik yang berupa Strength G, Waktu Dengung T30, Clarity C80, Early Support STEarly dan Late Support STLate. Pengambilan data respon impuls dilakukan dengan empat sumber dan sepuluh penerima. Selain itu, dilakukan juga pengambilan data persepsi subjektif dari tiap pemain orkestra. Responden menjawab pertanyaan tentang pengalaman mendengar kekerasan suara dan kualitas suara dari rekaman yang diperdengarkan dan pengalaman bermusik di Grha Sabha Pramana. Dari kedua hasil tersebut dapat dilihat bagaimana kondisi akustik di panggung Grha Sabha Pramana. Dari 37 data respon impuls, persentase parameter yang sudah memenuhi standar adalah G sebesar 100%, T30 sebesar 10,81%, C80 sebesar 21,62%, STEarly sebesar 32,43% dan STLate sebesar 21,62. Untuk hasil persepsi subjektif pada non musisi, 54,75% responden merasa kekerasan suara sudah sangat baik. Untuk kualitas suara, 16% responden merasa sudah sangat baik. Untuk overall acoustic impression, 4% responden merasa nyaman mendengarkan suara di panggung Grha Sabha Pramana. Untuk hasil persepsi subjektif pada musisi, 68,5% responden merasa kekerasan suara sudah sangat baik. Untuk kualitas suara, 26,25% responden merasa sudah sangat baik. Untuk overall acoustic impression, 13% responden merasa nyaman mendengarkan suara di panggung Grha Sabha Pramana. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa Grha Sabha Pramana kualitas akustik di panggung Grha Sabha Pramana buruk dan membutuhkan acoustic treatment.
Stage is one of the important component in an auditorium especially for orchestra performances. It is important since on the stage exist the sound source where the sound produced will be heard by the musicians and audience. Purpose of this works is to understand the acoustics condition ofGrha Sabha Pramana’s stage. Method used for this work is data collection of impulse responses to obtain parameter such as Strength G, Reverberation Time T30, Clarity C80, Early Support STEarly and Late Support STLate. The Data collection of impulse responses was done for four sources and ten receivers and alsodata collection of subjective responses from the orchestra players. In the subjective evaluation, orchestra player answered three question about sound loudness, sound quality and experience when they performed in Grha Sabha Pramana. From this, one can understand the acoustical condition on stage the Grha Sabha Pramana From 37 impulse responses; 100% of G, 10,81% of T30, 21,62% of C80, 32,43% of STEarly and 21,62% of STLate have met the standards. For subjective perception to non-musician respondents, 54,75% of the respondents found the loudness of Grha Sabha Pramana is outstanding. For sound quality, 16% of the respondents found it is outstanding. For overall acoustic impression, 4% of the respondents found it as comfortable in listening to the sound on the stage of Grha Sabha Pramana. For subjective perception to musician respondents, 68,5% of the respondents found the loudness of Grha Sabha Pramana is outstanding. For sound quality, 26,25% of the respondents found it is outstanding. For overall acoustic impression, 13% of the respondents found that listening to the sound on the stage of Grha Sabha Pramana is comfortable. The conclusion of this research is that acoustical quality of Grha Sabha stage does not meet the standards of orchestra performance and requires acoustics treatment.
Kata Kunci : Grha Sabha Pramana, Akustik Panggung, Orkestra, Waktu Dengung, Early Support, Late Support