Peran Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr. Soerojo Sebagai Lembaga Pelayanan Publik di Bidang Kesehatan
FIRMAN YULI NUGROHO, Mailinda Eka Yuniza, S.H., LL.M
2015 | Skripsi | S1 ILMU HUKUMPenelitian ini menjelaskan tentang pelaksanaan serta bentuk pelayanan publik yang diberikan Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr. Soerojo dalam bidang kesehatan dan merumuskan kendala apa saja yang dihadapi oleh Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr. Soerojo dalam melaksanakan pelayanan publik untuk meningkatkan kualitas kesehatan jiwa masyarakat sebagai Lembaga Pelayanan Publik di Bidang Kesehatan yang diharapakan dapat digunakan sebagai pertimbangan oleh pemerintah dalam menentukan suatu kebijakan terutama mengenai pelayanan kesehatan jiwa yang akan banyak berpengaruh pada keberlangsungan hidup masyarakat. Penelitian ini adalah penelitian hukum empiris-normatif dalam sifat penelitian deskriptif dan bentuk penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan perundang-undangan, pendekatan historis, pendekatan konseptual dan dengan sumber data sekunder berupa bahan hukum primer, sekunder dan tersier. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara yang menggunakan daftar pertanyaan, kemudian dianalisis dengan menggunakan logika deduktif yang bertujuan untuk memperoleh jawaban yang bersifat menyeluruh serta sesuai dengan aturan yang berlaku atas permasalahan yang diangkat. Dapat diambil kesimpulan bahwa sebagai salah satu Rumah Sakit Jiwa yang juga melayani pelayanan kesehatan beberapa kota di sekitar Provinsi Jawa Tengah RSJ Prof. Dr. Soerojo memastikan bahwa dalam pelaksanaan pelayanan kesehatan jiwa yang diberikan kepada masyarakat telah sesuai dengan Standar Operasional Pelayanan yang berlaku. Dalam proses beroperasinya penyelenggaraan pelayanan RSJ Prof. Dr. Soerojo berdasar pada Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara nomor 63/KEP/M.PAN/7/2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik. Namun demikian, RSJ Prof. Dr. Soerojo masih memiliki kendala yang masih harus dilakukan pengoptimalan dalam mengurangi adanya resiko yang nantinya bisa menyebabkan berkurangnya standar pelayanan yang diberikan. Implikasi dari penelitian ini adalah tercapainya kualitas pelayanan kesehatan jiwa dan umum yang prima dan memuaskan pelanggan yang merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dalam pelayanan publiknya akan dilaksanakan secara maksimal sesuai dengan salah satu tujuan dari RSJ Prof. Dr. Soerojo sebagai pelaksana pelayanan publik.
This study describes the implementation as well as a form of public service given mental hospital Prof. Dr. Soerojo in the health field and formulate any barriers faced by mental hospital Prof. Dr. Soerojo in carrying out public services to improve the quality of mental health community as a public service Institution in the field of health that are expected be used as consideration by the Government in determining a policy especially regarding mental health services will be a lot of effect on the survival of the community. This research is empirical legal research-normative descriptive research in the nature and form of qualitative research. The approach used is approach to legislation, the historical approach, the conceptual approach and with secondary data sources in the form of primary legal materials, secondary and tertiary. The technique of data collection conducted with interview techniques that use the list of questions, and then analyzed by using deductive logic which aims to obtain an answer that is both comprehensive and in accordance with the applicable rules of the top issues raised. The conclusion that can be taken as one of the mental hospital that also serves the healthcare several towns around Central Java province RSJ Prof. Dr. Soerojo ensure that in the implementation of the mental health services provided to the community has been in accordance with the operational standards of service. In the process of conducting the operation of the service of RSJ Prof. Dr. Soerojo based on utilization of State apparatus Minister Decree number 63/KEP/M. PAN/7/2003 about the guidelines of the Organization of the public service. Nevertheless, RSJ Prof. Dr. Soerojo still have constraints optimization remains to be done in reducing the risks that would be causing the decline in the standard of service provided. The implication of this research is to achieve the quality of service of mental health and General Excellence and customer satisfaction which is one form of devotion to public service in the community that will be implemented to its fullest in accordance with one of the goals of the RSJ Prof. Dr. Soerojo as implementers of public service.
Kata Kunci : Peran Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr. SOEROJO, Pelayanan publik, Kesehatan.