Laporkan Masalah

KOMPARASI BRAND AWARENESS PENGGUNA SEPEDA MOTOR HONDA DAN YAMAHA DI YOGYAKARTA

MUHAMMAD YUDISTIRA I, Paramita Her Astuti, S.E., M.Sc

2015 | Tugas Akhir | D3 MANAJEMEN SV

Brand awareness merupakan kemampuan dari seseorang untuk mengenali atau mengingat kembali sebuah merek dan mengaitkannya dengan satu kategori produk tertentu.Merek memegang peranan sangat penting dalam dunia bisnis, salah satunya adalah mewakili harapan konsumen pada saat kita menjanjikan sesuatu kepada konsumen. Dengan demikian dapat diketahui adanya ikatan emosional yang tercipta antara konsumen dengan perusahaan penghasil produk melalui merek. Penelitian ini bertujuan untuk melihat tingkat komperansi mana yang paling tinggi antara kedua brand sepeda motor yaitu Honda dengan Yamaha. Peneliti menanyakan kedua tagline dari masing-masing brand Honda dengan tagline ONE HEART dan Yamaha dengan tagline SEMAKIN DI DEPAN dan peneliti juga memperlihatkan gambar dari kedua tagline tersebut. Berdasarkan dari hasil analisis menunjukan bahwa Yamaha dengan tagline SEMAKIN DI DEPAN mempunyai brand awareness yang lebih kuat dibandingkan dengan Honda dengan tagline ONE HEART.

Brand awareness is an ability to acknowledge or remembering a brand and to connect it with another certain product. Brand holds very important role in a business world, such as representing consumers expectations when we are promising something to consumers. With that knowledge, its been known that there is an emotional attachment that built between consumers and companys product through brand. This research is in order to see the comparison between two brands, which are Honda and Yamaha. Researcher asks both taglines from those two brands, which is Honda with ONE HEART and Yamaha with SEMAKIN DI DEPAN and researcher also shows the pictures of those brands. Based on that analysis, it shows that Yamaha tagline SEMAKIN DI DEPAN has higher brand awareness than Honda with tagline ONE HEART.

Kata Kunci : Comparison, brand awareness, Honda, Yamaha

  1. D3-2015-332606-abstract.pdf  
  2. D3-2015-332606-bibliography.pdf  
  3. D3-2015-332606-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2015-332606-title.pdf