Laporkan Masalah

MANAJEMEN KOMUNIKASI DALAM PENYELENGGARAAN SPECIAL EVENT (Studi Kasus Proses Manajemen Komunikasi Dalam Penyelenggaraan Special Event Oleh PlusOne Indonesia Periode Oktober 2014-Juli 2015)

HAFIDZ RAMADHAN, Dr. Muhamad Sulhan, S.IP., M.Si

2015 | Skripsi | S1 ILMU KOMUNIKASI

Event merupakan media komunikasi dalam menyampaikan informasi dan pesan dari sebuah brand atau perusahaan dengan melakukan interaksi secara langsung dengan konsumen maupun publik internal perusahaan. Fenomena tersebut telah jauh berkembang kearah yang lebih spesifik. Special event lahir sebagai bukti perkembangan event yang merupakan media publisitas yang efektif karena dapat membantu memasarkan perusahaan dan produk jasa kepada publik, sangat bersifat promosi, serta mampu mendapatkan publisitas dari media massa. Dalam penyelenggaraannya, special event tidak terlepas dari peran atau fungsi manajemen komunikasi. Manajemen komunikasi dalam penyelenggaraan special event sebagai suatu fungsi dalam mengelola proses komunikasi yang terdapat dalam penyelenggaraan special event. Secara keseluruhan, penelitian ini menjelaskan tentang bagaimana manajemen komunikasi sebagai suatu proses pengelolaan sumber daya komunikasi dalam menghadirkan suatu penyelenggaraan special event yang dapat mencapai suatu tujuan. Mengambil sudut pandang event organizer sebagai objek penelitian ini, proses manajemen komunikasi tersebut digambarkan melalui tahapan-tahapan pengelolaan proses komunikasi dalam penyelenggaraan sebuah special event. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam sebuah penyelenggaraan special event, manajemen komunikasi berperan sangat penting dalam mengolah suatu proses komunikasi yang bertujuan untuk menciptakan gelaran special event yang sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.

Event is a communication media in conveying information and messages from a brand or a company to interact directly with consumers and the company's internal public. The phenomenon has considerably evolved towards more specific. Special event was born as evidence of the development of media publicity event that is effective because it can help market the company's products and services to the public, it is the promotion, as well as being able to get publicity from the media. In implementation, special event is not separated from the role or function of communication management. Communication management in the organization of special events as a function of managing the communication process contained in the organization of special events. Overall, this study describes how the communication management as a process of managing communication resources in presenting a special organization of events that can achieve a goal. Taking the viewpoint of event organizers as an object of research, communication management process is illustrated through the stages of the management of communication processes in the organization of a special event. The results showed that in an organization of special events, communication management plays an important role in processing a communication process that aims to create special carpet event in accordance with its intended purpose.

Kata Kunci : Manajemen komunikasi, special event, event organizer.

  1. S1-2015-297183-abstract.pdf  
  2. S1-2015-297183-bibliography.pdf  
  3. S1-2015-297183-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2015-297183-title.pdf