Perencanaan dan Pemodelan Ban Tanpa Udara
DANNY DWI JUNIARKO, Ir. Teguh Pudji Purwanto, M.T.
2015 | Skripsi | S1 TEKNIK MESINBan merupakan salah satu faktor terpenting dalam berkendara yang memiliki berbagai macam fungsi untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan dalam berkendara. Adapun perkembangan dari roda adalah semakin banyak jenis roda yang memiliki tipe ban yang berbeda-beda. Berbagai tipe ban pada roda seperti roda dangan tipe ban bias, roda dengan tipe ban vertikal, roda yang tanpa menggunakan ban dalam aktual yang sering disebut ban tubeless. Baru-baru ini telah diciptakan ban tanpa angin. Ban ini dirancang elastis dan anti bocor. Ban tanpa angin ini tidak memiliki ban dalam seperti ban pada umumnya, tetapi menggunakan material elastis seperti termoplastik resin diantara lapisan velg dan ban luar. Penelitan ini menggunakan perangkat lunak Autodesk Inventor 2013 untuk menganalisis desain ban tanpa udara yang di desain tiga model. Analisis dilakukan dengan statik dari arah vertikal dan lateral. Hasil analisis menunjukkan bahwa pada penambahan beban dapat dilihat bahwa semakin besar pembebanannya menyebabkan semakin besar nilai defleksinya. Penambahan beban vertikal dilakukan secara bertahap mulai dari 3750N sampai 5000N, dan beban lateral mulai dari 880,07N sampai dengan 1173,43N sehingga menyebabkan nilai von mises stress dan displacement naik secara konstan, sedangkan safety factor ada yang tidak mengalami perubahan dan juga ada yang mengalami perubahan.
Tire is one of the most important factors in driving that has a variety of functions to anticipate the occurrence of accidents in driving. The development of many types of wheels are the wheels that have the type of bias tires, wheels with a vertical-type tires, wheels without tube are often called tubeless tires. Nowadays, a tire with elastic design and leak-proof has been created. It is called airless tire. This airless tire does not have the tube such tires in general, but using an elastic material such as thermoplastic resin layer between the outer wheels and tires. This research uses Autodesk Inventor 2013 software to analyze the three models of airless tire that have been designed. Static analysis was performed from vertical and lateral direction. The analysis showed that the addition of the load can be seen that the greater force given, the greater the deflection . The vertical loads were added in stages started from 3750N to 5000N, and the addition of lateral loads started from 880,07N to 1173,43N, it causes the value of the von mises stress and displacement rose constantly. Meanwhile some value of safety factor has changed, other safety factor has not changed.
Kata Kunci : airless tire, spokes, displacement, design